Pilpres 2019

Survei LSI Denny JA: Cuma 17,0 Persen Responden yang Masih Ikuti Imbauan Rizieq Shihab

Posisi pertama ulama berpengaruh ditempati oleh Ustaz Abdul Somad (UAS).

Survei LSI Denny JA: Cuma 17,0 Persen Responden yang Masih Ikuti Imbauan Rizieq Shihab
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pimpinan FPI Rizieq Shihab menghadiri sidang lanjutan dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (28/2/2017). Agenda sidang lanjutan ini adalah mendengarkan dua saksi ahli, yaitu Rizieq Shihab sebagai ahli agama dan Abdul Chair Ramadhan sebagai ahli hukum pidana. 

IMAM Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab berada di posisi kelima, sebagai ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat.

Hal tu berdasarakan hasil jajak pendapat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 10-19 Oktober 2018. Hasil survei menyebutkan, hanya 17,0 persen responden yang masih mengikuti imbauan Rizieq Shihab.

Responden yang pernah mendengar namanya mencapai 53,4 persen, dan yang menyukai sosok Rizieq Shihab sebesar 52,9 persen.

Baca: Kasus Pemasangan Bendera di Rumah Rizieq Shihab Cuma Ramai di Indonesia, di Arab Saudi Tidak

Faktor rendahnya pengaruh Rizieq Shihab ketimbang ulama lainnya, diduga karena ia terjerat kasus pornografi, sehingga membuat masyarakat tidak menempatkannya di posisi pertama sebagai tokoh yang masih perlu diikuti imbauannya.

Hal itu disampai peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

"Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang signifikan," kata Ikrama Masloman.

Baca: Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Janji Izinkan Rizieq Shihab Lanjutkan Kuliah di Malaysia

Posisi pertama ulama berpengaruh ditempati oleh Ustaz Abdul Somad (UAS). Sebanyak 82,5 persen responden menyukai sosok Ustaz Abdul Somad, dan 30,2 persen responden mengikuti imbauannya.

Posisi kedua ditempati oleh Ustaz Arifin Ilham. Sebanyak 25,9 persen responden mau mengikuti imbauannya. Meskipun hanya 41,2 persen responden yang pernah mendengar namanya, sebanyak 84,4 persen menyukai sosok Ustaz Arifin Ilham.

Posisi ketiga ditempati Ustaz Yusuf Mansur. Responden yang menyukai sosok Yusuf Mansur sebanyak 84,9 persen. Sebesar 24,9 persen mau mengikuti imbauannya.

Baca: Rizieq Shihab Bukan Sosok Menakutkan bagi Arab Saudi

Sedangkan posisi keempat ditempati Ustaz Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym. Sebanyak 69,3 persen responden pernah mendengar nama Ustaz kondang asal Bandung ini. Sebanyak 79,7 persen responden menyukai sosoknya, dan 23,5 persen responden yang mengikuti apa pun imbauannya.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan responden 1.200 orang.
Cara pengumpulan data untuk survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Margin of error sebesar kurang lebih 2,8 persen. (Fransiskus Adhiyuda)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved