Nasib Renovasi Pasar Blok A Belum Jelas, Bekas Bangunan Lama Menjadi Lahan Kosong

Lokasi bekas bangunan Pasar Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dibongkar pada Desember 2015 itu kini masih berupa tanah kosong.

Nasib Renovasi Pasar Blok A Belum Jelas, Bekas Bangunan Lama Menjadi Lahan Kosong
Warta Kota/Feryanto Hadi
Nasib renovasi Pasar Blok A hingga kini belum jelas, dan bangunan lama tinggal lahan kosong. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU---Lokasi bekas bangunan Pasar Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dibongkar pada Desember 2015 itu kini masih berupa tanah kosong dengan pagar yang mengitari seluruh area.

Di bagian belakang, ada satu pintu masuk. Pengamatan Warta Kota, tidak ada aktivitas di lokasi yang kini lebih mirip kebon kosong itu.

Di salah satu sudut, yang tampak justru hamparan sampah. Rupanya, sebagian warga memanfaatkan lokasi tanah kosong itu sebagai tempat pembuangan sampah.

Beberapa pedagang di area belakang bekas lokasi pasar mengaku tak tahu kapan rencana pembangunan kembali pasar Blok A akan dilakukan.

Padahal, pada 21 Juni 2017, sudah dilakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan pasar yang rencananya terintegrasi dengan hotel dan stasiun mass rapid transit (MRT).

Namun nyatanya, groundbreaking hanya sekadar ceremoni yang belum jelas kelanjutannya.

Saat melakukan groundbreaking, Gubernur DKI Jakarta saat itu Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan, pasar itu bakal terintegrasi dengan hotel dan stasiun MRT yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian.

Pasar yang terintegrasi dengan hotel itu akan dibangun 21 lantai dan 1 semi basement dengan luas keseluruhan 27.900 meter persegi.

Untuk pasar, luas lahan yang akan digunakan adalah 18.700 meter persegi, sedangkan luas lahan yang digunakan untuk hotel adalah 9.200 meter persegi.

Lantai semi-basement sampai lantai 4 digunakan untuk pasar tradisional, lantai 5 hingga lantai 7 akan digunakan sebagai tempat parkir, lantai 8-lantai 13 akan digunakan sebagai tempat pertokoan dengan total kios 2.140 unit.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved