Pemilu 2019

Jumlah Pemilih di Jakarta Selatan Melonjak Jadi 1.695.760 Orang

Pada Pilkada DKI 2017, jumlah pemilih sebanyak 1.606.921 orang, yang tersebar di 2.974 TPS.

Jumlah Pemilih di Jakarta Selatan Melonjak Jadi 1.695.760 Orang
ISTIMEWA
Pemilu 2019 

JUMLAH pemilih yang akan berkontribusi dalam pemilu legislatif maupun pemilu presiden pada 2019 di Jakarta Selatan, dipastikan mengalami kenaikan dibandingkan pada pemilihan gubernur DKI 2017.

Pada Pilkada DKI 2017, jumlah pemilih sebanyak 1.606.921 orang, yang tersebar di 2.974 TPS.

Hal itu tampak dari hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Jakarta Selatan.

Baca: Pipa PDAM Tirta Asasta di Perumnas Depok Bocor Kena Longsoran Tanah

Dalam putusan DPTHP-2, KPU Jakarta Selatan merilis Daftar Pemilih Tetap sejumlah 1.695.760 pemilih, dari 6.450 TPS yang tersebar di 10 Kecamatan di Jakarta Selatan.

Komisioner Divisi Tarlih KPU Jakarta Selatan Ahmad Barizi menuturkan, dari hasil perbaikan kedua, DPT di Jakarta Selatan mengalami peningkatan jumlah pemilih hampir di seluruh kecamatan.

"Dari DPTHP-2, terlihat adanya kenaikan jumlah pemilih hampir dari seluruh kecamatan di Jakarta Selatan. Kecuali ada dua kecamatan yang jumlahnya tidak berubah, yaitu Tebet dan Setiabudi, selebihnya ada kenaikan jumlah pemilih," jelas Ahmad Barizi, Kamis (14/11/2018).

Baca: Jokowi: Saya Ingatkan, Sekarang Bukan Zamannya Lagi Kampanye Gunakan Politik Adu Domba

Ketua KPU Jakarta Selatan Agus Sudono mengatakan, pihaknya terus berupaya mendapatkan hasil Daftar Pemilih Tetap yang valid dan kredibel. Tentunya, sambung Agus, hasil ini merupakan proses panjang yang dimulai dari penetapan Daftar Pemilih Sementara, DPTHP-1 hingga DPTHP-2.

"Yang jelas, terkait DPT ini dinamis. Kita tunggu hasil pleno di KPU DKI hari ini, dan akan dilanjutkan besoknya di KPU RI," kata Agus.

Agus menambahkan, dalam melakukan perbaikan Daftar Pemilih Tetap, KPU Jakarta Selatan melibatkan beragam elemen, di antaranya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, PPK, dan partai politik.

"Alhamdulillah semua stakeholder turut mengawal proses perbaikan DPT. Dan setelah mendapatkan hasil perbaikan DPT, kita harapkan hal ini menjadi salah satu kunci adanya partisipasi aktif dan maksimal dari masyarakat Jakarta Selatan pada perhelatan Pemilihan Umum 2019," beber Agus. (*)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved