Fraksi PDIP akan Menolak Jika Perda Larangan Becak Direvisi hanya untuk Sebagian Wilayah

Kalau memang Perda becak mau tetap diberlakukan, ya sekalian aja kita berlakukan secara keseluruhan.

Fraksi PDIP akan Menolak Jika Perda Larangan Becak Direvisi hanya untuk Sebagian Wilayah
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah penarik becak di shelter becak di Pasar Pejagalan, Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, mengaku tak lagi kuat mengayuh becak mengantarkan para penumpangnya, dengan jarak tempuhnya jauh. Sehingga para penarik becak ini menginginkan agar pemerintah bisa meringankannya dengan memberikan becak motor yang pernah dijanjikan Pemprov DKI era Anies Baswedan. 

Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono tak setuju jika becak kembali beroprasi di Jakarta.

Apabila Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap yakin merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum terkait izin Becak di Jakarta, Gembong harap kebijakan itu berlaku di seluruh wilayah tanpa pilih-pilih.

"Kalau memang Perda becak mau tetap diberlakukan, ya sekalian aja kita berlakukan secara keseluruhan. Jangan cuma di titik-titik tertentu aja," ujar Gembong saat dihubungi, Kamis (15/11/2018).

"Itukan pilihannya dia (Anies), kalau pak Gub menghendaki Jakarta seperti itu yasudah semua saja jangan tanggung-tanggung," tambah Gembong.

Gembong berharap pengayuh Becak bisa diberikan pekerjaan yang layak dan mendapat Upah Minimul Provinsi (UMP) serta Jaminan Kesehatan.

"Tapi intinya PDI-Perjuangan mendorong agar pengayuh becak harkat dan martabatnya kita naikan dengan dikasih penghasilan UMP," ucap Gembong.

Diketahui beberapa waktu lalu Anies menegaskan Becak tersebut hanya bisa beroprasi di tempat-tempat tertentu dan tak mungkin mengaspal di Jalan utama.

"Jangan bayangkan becak kembali ke Jalan Thamrin, itu orang yang hidupnya tahun 70-80an," ujarnya di Balai Kota, Kamis (11/10/2018).

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved