INFO KAI

KAI Gelar Book Fair di Enam Stasiun KA

Book Fair on Station bertujuan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun.

KAI Gelar Book Fair di Enam Stasiun KA
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA
Para porter, petugas keamanan, serta sejumlah pegawai PT KAI di Stasiun Senen memberikan penghormatan kepada para penumpang yang berangkat menggunakan kereta api dari stasiun itu, Senin (11/6/2018). 

Untuk pertama kalinya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, menggelar Book Fair on Station di enam stasiun KA. Dalam pelaksanaan kegiatan Book Fair on Station ini, KAI bekerja sama dengan Kompas Gramedia.

Book Fair on Station bertujuan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun. 

Acara yang diselenggarakan selama lima hari yakni pada tanggal 14 sampai 18 November 2018 ini dilaksanakan serentak di enam stasiun KA yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun  Yogyakarta, Stasiun Purwokerto, Stasiun Semarang Tawang, dan Stasiun Surabaya Gubeng.

Selama acara berlangsung, pengunjung dapat membeli buku-buku berkualitas yang telah disediakan oleh Gramedia Store, mulai dari buku bergenre anak, pengembangan diri, bisnis, agama, novel, dan tentunya Komik Si Loko serta berbagai referensi lainnya yang rata-rata merupakan buku best seller.

Selama acara berlangsung, semua buku tersebut dapat dibeli oleh pengunjung tentunya dengan harga spesial yaitu dengan diskon sebesar 10 persen. Namun, bagi yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access di ponselnya, maka akan mendapatkan tambahan diskon 5 persen.

Beragam lomba

Selain berburu buku, untuk menyemarakkan event tersebut, para pengunjung khususnya yang masih anak-anak juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang berbeda-beda setiap harinya. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya lomba mewarnai, lomba menulis cerita pendek, lomba announcer, pouch painting, dan talkshow anak.

Bagi anak-anak yang tertarik mengikuti kegiatan-kegiatan di atas, diharapkan sesegera mungkin hadir dan mendaftarkan diri pada panitia di lokasi. Sebab, di masing-masing acara tersebut, peserta hanya dibatasi sebanyak 30 orang anak.

Rangkaian acara Book Fair on Station dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro di Stasiun Yogyakarta, Rabu (14/11).

Komik Si Loko

Pada kesempatan yang sama, KAI juga meluncurkan Komik Si Loko. Komik Si Loko adalah sebuah buku berilustrasi, disusun sebagai bentuk aktivasi brand dari maskot KAI yang bernama Si Loko.

Komik Si Loko akan memiliki beberapa seri, seperti “Traveling by Train Series”, “Adventure Series” dan sebagainya.

Komik ini dibuat sebagai sarana untuk mendekatkan KAI pada target pemasarannya, khususnya anak muda di rentang usia 18-30 tahun dan sebagai dukungan terhadap Industri kreatif.

Untuk cetakan pertama, Komik Si Loko dicetak sebanyak 2.000 eksemplar dan didistribusikan di seluruh outlet Gramedia dengan harga Rp75.000,-. Apabila permintaan tinggi, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan proses cetakan kedua dan seterusnya. 

“Book Fair on Station merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pengunjung dan penumpang kereta api melalui cara yang menyenangkan dan seru. Karena tempatnya di stasiun, acara ini pun bisa menjadi media edukasi yang unik dan menyenangkan untuk anak-anak,” ujar Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/11).

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved