Jokowi Nasihati Milenial: Jangan Sampai Keterbukaan Informasi Membawa Kita ke dalam Intoleransi

Menurut Jokowi, era keterbukaan bukan hanya dialami oleh Indonesia, tetapi juga negara lainnya.

Jokowi Nasihati Milenial: Jangan Sampai Keterbukaan Informasi Membawa Kita ke dalam Intoleransi
Kompas.com/Ihsanuddin
PRESIDEN Joko Widodo menggowes sepeda di Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018). Bertajuk Gowes Bandung Lautan Sepeda, acara ini diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memeringati Hari Pahlawan 10 November 2018. 

PRESIDEN Joko Widodo‎ meminta kalangan anak muda menyikapi dengan baik terkait keterbukaan informasi maupun perubahan yang terjadi dengan begitu cepati.

‎"Harus kita waspadai, jangan sampai perubahan-perubahan ini membawa kita ke dalam intoleransi, ke dalam ekstremisme yang sangat berlebihan," ujar Jokowi saat bersilaturahmi dengan peserta Indonesia Millennial Movement di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11/2018).

Menurut Jokowi, era keterbukaan bukan hanya dialami oleh Indonesia, tetapi juga negara lainnya, di mana terdapat perubahan landskap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

Baca: Makan Bakso di Kabupaten Semarang, Sandiaga Uno Dapat Korting

"Indonesia sama seperti negara lain, hanya bedanya negara kita ini berbeda-beda, negara kita ini warna-warni, beraneka ragam, berbeda suku, agama, ras, adat, tradisi," tutur Jokowi.

Dengan perbedaan tersebut, Jokowi ‎melihat peristiwa politik seperti pemilihan umum yang berlangsung lima tahun sekali, kerap membawa terjadinya intoleransi, dan tidak saling sapa antar-saudara.

"Pengaruh politik yang sering mengadu-adu kita, yang muncul intoleransi karena dibenturkan, ini yang sering saya sampaikan berbahaya sekali," ucap Jokowi.

Baca: Dipolisikan Sahabat Lama, Rizal Ramli Khawatir Ada yang Panas-panasi Surya Paloh

Jokowi pun menyampaikan kepada milenial bahwa sekarang telah memasuki revolusi industri 4.0, yang telah masuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

"Siapa yang bisa merespons perubahan yang sangat cepat perubahan seperti ini? Anak-anak muda, bukan yang lain. Itulah kemajuan teknologi yang cepat sekali mengubah, kembali lagi, mengubah lanskap ekonomi, politik, sosial. Hati-hati dengan proses keterbukaan ini," papar Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved