Banjir

Anies Baswedan Rekrut 1.400 Relawan untuk Laporkan Kondisi Banjir di 30 Titik di DKI Jakarta

"Ada lebih dari 450 pompa. Dari laporan yang sudah diterima, semua (pompa) dalam kondisi siap untuk bekerja dengan baik."

Anies Baswedan Rekrut 1.400 Relawan untuk Laporkan Kondisi  Banjir di 30 Titik di DKI Jakarta
Istimewa
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan. 

WARTA KOTA, GAMBIR --- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini ada lebih dari 30 titik rawan banjir di DKI Jakarta.

Oleh karena itu, Anies Baswedan bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA) mengaku terus melakukan monitor di wilayah tersebut.

Selain itu, Anies juga membentuk 1.400 relawan yang ditempatkan langsung pada lokasi rawan banjir.

Para relawan bertugas untuk melaporkan kondisi secara real time terlebih saat hujan turun berdurasi lama.

"Mulai sekarang kita sudah memiliki 1.400 orang yang terverifikasi di seluruh wilayah Jakarta untuk melakukan monitoring antisipasi di lapangan sekaligus memberikan early warning," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

Baca: Antisipasi Banjir, Dinas Sumber Daya Air Kebut Pengerukan Kali Ciliwung

Relawan tersebut terdiri atas ketua Rukun Tetangga (RT), ketua Rukun Warga (RW), Lembaga Musyawarah Kelurahan, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat.

Relawan tersebut disaring oleh Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta.

Mereka nantinya akan memberikan data yang akurat sehingga Pemprov DKI tak perlu lagi melakukan pengecekan saat air membanjiri kawasan tertentu.

Hal tersebut membantu dan memudahkan tim bantuan bencana banjir untuk segera meluncur ke lokasi tanpa harus melakukan cek dan recheck.

Baca: Kerap Banjir, Wali Kota Jakarta Timur Sudah Antisipasi Banjir di Wilayahnya

"Ketika dia mengirimkan laporan, maka laporan itu tidak perlu kita cek ulang lagi karena dia sudah memiliki pengetahuan informasi cara menyampaikan yang akurat. Sehingga kita bisa merespon lebih cepat," kata Anies.

Dia juga mengatakan bahwa telah menyiapkan lebih dari 450 pompa air yang berfungsi untuk mengantisipasi banjir di pemukiman warga.

"Ada lebih dari 450 pompa. Dari laporan yang sudah diterima, semua (pompa) dalam kondisi siap untuk bekerja dengan baik," kata Anies. 

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved