Hari Pahlawan

Hari Pahlawan, Karang Taruna Pekojan Gelar Serangkaian Acara Hingga Long March Sejauh 5 Kilometer

Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Hari Pahlawan, Karang Taruna Pekojan Gelar Serangkaian Acara Hingga Long March Sejauh 5 Kilometer
Warta Kota/Hamdi Putra
Karang Taruna Kelurahan Pekojan. 

KELURAHAN Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, menggelar serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Berdasarkan penuturan Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo, acara tersebut berlangsung selama dua hari, 9-10 November 2018 dan diikuti oleh ratusan masyarakat yang terdiri dari karang taruna dan staf kelurahan.

Mereka mulai berkumpul di Tugu Pekojan sejak Jumat (9/10/2018) pukul 22.00 WIB dan kompak memakai kaos merah yang bertemakan kepahlawanan.

Pada bagian depan kaos terdapat kalimat 'Merdeka atau Mati', lengkap dengan potret Bung Tomo yang populer dalam Pertempuran Surabaya 10 November.

Baca: Kiai Maruf Amin Ingatkan Rizieq Shihab Jangan Lebay Menuding Jokowi

Sedangkan pada bagian belakang kaos ada logo karang taruna dan kalimat 'Never Leave History' serta 'Long Match Bersejarah Karang Taruna Kel. Pekojan 09-10 November 2018'.

Upacara singkat yang dipimpin langsung oleh Lurah Tri Prasetyo Utomo menjadi pembuka dilaksanakannya acara rutin tersebut.

Baca: Anies Baswedan: Saatnya Muncul Pahlawan Milenial, Ini Syaratnya

Selanjutnya, para generasi muda Karang Taruna Kelurahan Pekojan mempersembahkan beragam penampilan karya seni yang merupakan perpaduan antara agama dan kebudayan bangsa Indonesia dengan tema perjuangan.

"Ada puisi perjuangan, drama teatrikal perjuangan, baca Al-Quran, marawis dan sebagainya. Totalnya ada 12 grup karena ada 12 RW di Kelurahan Pekojan. Masing-masing grup anggotanya 10-20 orang," ujar Shodiq Jaddan selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Pekojan.

Setelah itu, anggota karang taruna didampingi oleh tiga pilar, tokoh masyarakat dan Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo melaksanakan Long March Bersejarah dari Tugu Pekojan menuju Makam Pangeran Wijaya Kusuma.

Kedua tempat bersejarah itu memiliki jarak sekitar 4-5 kilometer dan ditempuh dengan cara berjalan kaki melewati perkampungan sesuai rute yang telah ditentukan.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved