Pilpres 2019

Koordinator Relawan Cakra 19 Jaksel: Jokowi Itu UMKM 'Banget', Ini Buktinya

KOMUNITAS UMKM yang tergabung dalam Relawan Cakra 19 memutuskan mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin karena sejumlah alasan.

Koordinator Relawan Cakra 19 Jaksel: Jokowi Itu UMKM 'Banget', Ini Buktinya
Istimewa
KOMUNITAS UMKM mendeklarasikan Relawan Cakra 19 Jakarta Selatan sebagai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, di Resto Raja Konro Daeng Naba, Ampera, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018). 

KOMUNITAS UMKM yang tergabung dalam Relawan Cakra 19 memutuskan mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin karena sejumlah alasan.

Jokowi, selama empat tahun kepemimpinannya, dipandang telah banyak melakukan terobosan untuk memajukan sektor UMKM.

Budi Santoso selaku Ketua Divisi Bidang Informasi strategis dan Koordinatir Staf Ahli DPP Relawan Cakra 19 menegaskan, upaya memajukan UMKM di Indonesia sejatinya tidak terpengaruh dengan kontestasi apapun.

Namun, melihat track record kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla, ia melihat ada secercah harapan sektor UMKM akan semakin berkembang pesat.

"Sejatinya kami mengapresiasi siapa saja yang berupaya memajukan UMKM di Indonesia. Sebab, UMKM menjadi sektor sentral bagi ekonomi nasional. Tapi, kami melihat ada suatu sikap konsisten pak Jokowi dalam memajukan sektor UMKM selama empat tahun ini," kata Budi Santoso ditemui saat deklarasi Relawan Cakra 19 Jakarta Selatan di Resto Raja Konro Daeng Naba, Ampera Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

Ia mengakui, dalam menjalankan sistem memajukan UMKM, masih ada sejumlah kekurangan misalnya banyaknya departemen yang turut membidani bidang ini maupun soal regulasi. Namun, ia optimistis melalui terobosan-terobosan yang dilakukan, kekurangan itu bisa diperbaiki.

UMKM 'Banget'

Kordinator Relawan Cakra 19 Jakarta Selatan, H.M. Ikhsan Ingratubun menyatakan, sebanyak 8000 relawan UMKM yang tersebar di setiap kelurahan Jaksel dipastikan akan bekerja secara militan memenangkan pasangan nomor urut satu pada pilpres 2019 mendatang.

"Bagi kami Jokowi itu UMKM 'banget'. Jokowi terlahir dari pengusaha UMKM atau pengusaha rumahan yang sangat paham pahit dan manisnya berusaha UMKM, hingga akhirnya menjadi seorang yang berkiprah pada kancah politik mulai menjadi wali kota 2 Periode di Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden," ungkap Ikhsan.

Ikhsan yang juga Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia menambahkan, dari 16 Paket kebijakan ekonomi yang telah dibuat dalam masa pemerintahan saat ini, delapan di antaranya berpihak kepada UMKM.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved