Pesawat Jatuh

KNKT Kembali Kerahkan Alat Baru Demi Menemukan CVR Lion Air yang Terbenam di Dasar Laut

"Barangnya perlu di instal di kapal dan memerlukan waktu penginstalannya sekitar 2 sampai 3 hari sambil kapalnya berlayar menuju Jakarta."

KNKT Kembali Kerahkan Alat Baru Demi Menemukan CVR Lion Air yang Terbenam di Dasar Laut
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengecek turbin mesin pesawat Lion Air PK-LQP dan roda di Posko Gabungan Pelabuhan JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (4/11/2018). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK --- Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) kembali mengerahkan alat canggih demi menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610.

Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, nantinya ada beberapa kapal yang dilengkapi Remotely Operated Vehicles (ROV) dengan side scan sonar yang lebih besar dan canggih.

“Yang paling penting di sini ada equipment baru yang on boat kan di ROV yaitu sub-bottom profiling yang bisa mendeteksi benda-benda di dalam lumpur sampai kedalaman 4 meter,” katanya, Sabtu (10/11/2018).

Baca: Musibah Lion Air, Pencarian CVR Kewenangan KNKT Bukan Basarnas

Soerjanto menambahkan, pihaknya membutuhkan waktu 2-3 hari kedepan untuk mempersiapkan alat tersebut demi menemukan CVR yang terbenam di dasar laut pada kedalaman 30 meter.

“Namun hal ini perlu persiapan karena barangnya perlu di instal di kapal dan memerlukan waktu penginstalannya sekitar 2 sampai 3 hari sambil kapalnya berlayar menuju Jakarta,” ucapnya lagi.

Hanya saja alat tersebut tidak bisa serta merta langsung didatangkan ke lokasi.

Baca: KNKT Ungkap Informasi Kecepatan Pesawat Lion Air PK-LQP di Monitor Pilot dan Kopilot Berbeda

Soerjanto mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu beberapa hari untuk tiba di lokasi jatuhnya pesawat di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

“Kapal dan peralatan itu sekarang ada di Surabaya (Jawa Timur--Red) yang rencananya besok lusa akan mulai bergerak ke Jakarta setelah pemasangan ROV beserta peralatannya di kapal tersebut,” katanya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved