Hari Pahlawan

Ini Doa Jokowi untuk Para Pahlawan Indoenesia

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengimbau kepada rakyat Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan.

Ini Doa Jokowi untuk Para Pahlawan Indoenesia
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo 

MEMPERINGATI Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Sabtu (10/11/2018), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengimbau kepada rakyat Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan.

Sepenggal doa pun dituliskan Jokowi lewat akun twitternya, @jokowi.

"Mengenang mereka yang telah berkorban untuk tegak dan majunya bangsa Indonesia. Semoga para pahlawan beroleh tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT," tulis Jokowi.

Cuitan Presiden Jokowi soal Hari Pahlawan
Cuitan Presiden Jokowi soal Hari Pahlawan (Twitter/jokowi)

Melengkapi doanya, Jokowi menyertakan sebuah kartun yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945 atau dikenal sebagai Pertempuran Surabaya. Terdapat adegan para pemuda Surabaya yang merobek bagian biru bendera Belanda yang berkibar di atas Hotel Yamato, Tunjangan, Surabaya.

Terdapat pula potret fenomenal Sutomo atau Bung Tomo ketika berpidato.

Rekaman pidato yang disiarkan kembali lewat radio membangkitkan semangat rakyat Surabaya ketika itu.

Bung Tomo yang pernah menjadi seorang jurnalis sukses itu kemudian bergabung dengan sejumlah kelompok politik dan sosial itu memimpin rakyat Surabaya yang diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris.

Meskipun Indonesia kalah dalam Pertempuran 10 November itu, kejadian ini tetap dicatat sebagai salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia. Peristiwa berdarah tersebut dikenang sebagai Hari Pahlawan hingga saat ini.

Sementara itu, Kementerian Agama Republik Indonesia lewat akun twitternya @kemenag_ri; menyebutkan Jokowi dan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Saifuddin didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (10/11/2018).

"Presiden Joko Widodo bersama Menag @lukmansaifuddin beserta para menteri kabinet kerja didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan tabur bunga di pusara pahlawan, TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11)," tulis admin @Kemenag_RI. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved