Pilpres 2019

Komunitas UMKM di Jakarta Mendeklarasikan Dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019

Jokowi terlahir dari pengusaha UMKM atau pengusaha rumahan yang sangat paham pahit dan manisnya berusaha UMKM.

Komunitas UMKM di Jakarta Mendeklarasikan Dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019
Warta Kota/Feryanto Hadi
Komunitas UMKM membulatkan tekad mendukung pasangan nomor urut satu, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019, di Resto Raja Konro Daeng Naba, Jalan Ampera, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018). 

WARTA KOTA, CILANDAK --- Ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Relawan Cakra 19 Jakarta Selatan membulatkan tekad mendukung pasangan nomor urut satu, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada kontestasi pemilihan presiden tahun 2019 mendatang.

Dengan Tagline #jokowi lagi, mereka melakukan deklarasi di Resto Raja Konro Daeng Naba, Jalan Ampera, Cilandak,  Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

Kordinator Relawan Cakra 19 Jakarta Selatan, HM Ikhsan Ingratubun menyatakan, sebanyak 8.000 relawan UMKM yang tersebar di setiap kelurahan Jakarta Selatan bergabung bersamanya.

Mereka, kata Ikhsan, dipastikan akan bekerja secara militan memenangkan pasangan nomor urut satu pada Pilpres 2019 mendatang.

Baca: Ribuan Warga NTT Gabung Tim Alpha Dukung Jokowi-Maruf Amin

"Bagi kami Jokowi itu UMKM Banget. Jokowi terlahir dari pengusaha UMKM atau pengusaha rumahan yang sangat paham pahit dan manisnya berusaha UMKM hingga menjadi seorang yang berkiprah pada kancah politik mulai menjadi wali kota 2 periode di Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan presiden," ucapnya.

Ikhsan yang juga Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia menambahkan, dari 16 paket kebijakan ekonomi dalam masa pemerintahan Joko Widodo, , delapan di antaranya berpihak kepada UMKM.

Hasil pencapaian dari kebijakan tersebut adalah peringkat Indonesia dalam Easy Of Doing Bisnis atau kemudahan berusaha di Indonesia melonjak di dunia.

Semula Indonesia berada di peringkat 120 dunia tahun 2014, sekarang sudah ada pada peringkat 72 di dunia.

"Selain itu, hal fundamental yang telah dilaksanakan oleh Jokowi adalah bunga KUR untuk UMKM yang sebelumnya 22 persen sejak 2014 hingga saat ini diturunkan menjadi 7 persen per tahun," katanya.

Baca: Ini Alasan Yusril Ihza Mahendra Sudi Jadi Pengacara Jokowi-Maruf Amin Tanpa Dibayar

Selain itu, penetapan sektor pajak final UMKM yang semula 1 persen menjadi 0,5 persen dianggap menguntungkan pelaku UMKM.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved