Hari Ini, Stasiun Buaran Sudah Pindah ke Lokasi yang Baru

Modernisasi yang dilakukan BTPWJB yaitu dengan membangun total fisik Stasiun Buaran sehingga bangunan saat ini lebih strategis

Hari Ini, Stasiun Buaran Sudah Pindah ke Lokasi yang Baru
Tribunnews/Jeprima
Pekerja menyelesaikan pembangunan Stasiun Buaran, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018). Stasiun Buaran yang akan rampung pada tahun 2018 tersebut merupakan satu dari lima stasiun baru untuk mendukung pengoperasian jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track (DDT). 

USAI merampungkan modernisasi Stasiun Cakung dan Stasiun Klender, kali ini Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB) Kementerian Perhubungan berhasil merampungkan modernisasi Stasiun Buaran.

Kabar baik itu diungkapkan Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia, Eva Chairunisa.

Modernisasi yang dilakukan BTPWJB yaitu dengan membangun total fisik Stasiun Buaran sehingga bangunan saat ini lebih strategis dan modern dibandingkan sebelumnya.

Apabila letak Stasiun Buaran sebelumnya berada di depan rusun Klender, maka letak bangunan baru Stasiun Buaran berada persis dekat dengan persimpangan antara Jalan I Gusti Ngurah Rai dengan Jalan Raden Inten atau bergeser 480 meter ke arah barat dan atau arah Jatinegara dari bangunan lama Stasiun Buaran.

Baca: Senangnya Kalau KRL Sampai ke Karawang

Baca: Penumpang Diminta Tidak Memaksa Naik KRL bila Stasiun Buaran dan Jatinegara Padat

Bangunan dua lantai yang dilengkapi dengan satu unit lift di pintu masuk utara, satu unit lift dan satu unit eskalator menuju peron ini siap diuji coba pengoperasiannya mulai 9 November 2018.

Pekerja menyelesaikan pembangunan Stasiun Buaran, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018). Stasiun Buaran yang akan rampung pada tahun 2018 tersebut merupakan satu dari lima stasiun baru untuk mendukung pengoperasian jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track (DDT).
Pekerja menyelesaikan pembangunan Stasiun Buaran, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018). Stasiun Buaran yang akan rampung pada tahun 2018 tersebut merupakan satu dari lima stasiun baru untuk mendukung pengoperasian jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track (DDT). (Tribunnews/Jeprima)

Pada lantai bawah tersedia satu peron yang melayani 2 jalur kereta ke arah Bekasi dan Jatinegara.

Tak hanya itu, di lokasi baru ini Stasiun Buaran juga terintegrasi dengan Transjakarta melalui halte Busway Perumnas Klender yang mengarah ke Pulo Gebang dan Jatinegara.

Untuk kesiapan pelayanan PT KCI juga telah memenuhi fasilitas transaksi tiket dengan dibukanya empat loket, tiga loket untuk pembelian, isi ulang, refund dan satu loket untuk fare adjustment serta sembilan gate elektronik.

Baca: Bantuan Rp 602 Miliar dari DKI Dipakai untuk Rampungkan Proyek Flyover Rawa Panjang dan Cipendawa

Untuk mendukung pelayanan sejumlah petugas penjualan, pelayanan, dan pengamanan juga telah disiapkan.

"Sampai dengan saat ini sudah ada 3 stasiun hasil modernisasi yang beroperasi pada lintas Bekasi - Jatinegara, ketiga Stasiun tersebut yakni Stasiun Cakung, Stasiun Klender dan Stasiun Buaran," jelas Eva dalam siaran tertulisnya pada Jumat (9/11/2018).

Dalam waktu dekat dua stasiun lainnya yakni Stasiun Kranji dan Stasiun Klender Baru akan selesai.

Keduanya saat ini masih dalam tahap pembangunan itu katanya juga akan segera dioperasikan. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved