Taman Miniatur 99 Masjid Dunia Jadi Kawasan Wisata Religi Internasional

lewat 99 Miniatur Masjid Dunia ini,diharapkan ini akan berfungsi sebagai oase peradaban Islam yang datang dari seluruh dunia

Taman Miniatur 99 Masjid Dunia Jadi Kawasan Wisata Religi Internasional
ist
Sejumlah tokoh ulama, budayawan dan tokoh masyarakat menghadiri acara silaturahmi dan doa bersama serta sosialisasi pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (7/11/2018). 

WARTA KOTA, CIBINONG  ----- Indonesia sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia sekaligus sebagai negara Islam yang demokratis, memiliki kekhasan budaya yang disimbolkan dalam kalimat Bhinneka Tungga Ika.

20181108 Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia
Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia (ist)

Beragam suku, bahasa dan agama disatukan dalam wilayah Nusantara dan tunduk dalam sistem kenegaraan berdasar Panca Sila, satu filsafat kenegaraan yang memayungi dan melindungi seluruh warga Negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, diawali dengan silaturahmi dan doa bersama para ulama, tokoh masyarakat dan tokoh budaya se Jawa Barat, dilaksanakan sosialisasi pembangunan 'Asmaul Husna' yang diwujudkan lewat 99 Miniatur Masjid Dunia dari 86 negara. Dimana pada setiap miniature masjid akan terhidang informasi sejarah, kuliner dari Negara asal dan souvenir dari Negara asal masing-masing masjid.

Kawasan wisata religi internasional seluas 215 hektar ini berlokasi di Sukajaya, Kabupaten Bogor, mencerminkan karakter Islam sebagai rahmat bagi alam semesta, rahmatan lil`alamin, diharapkan  taman miniatur ini akan berfungsi sebagai oase peradaban Islam yang datang dari seluruh dunia.

20181108 Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia
Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia (ist)

Proyek yang disponsori oleh Yayasan Amanah Kita ini diperkirakan pembangunannya akan menelan waktu antara 7-10 tahun dengan anggaran 20 trilyun.

Dalam acara Silahturahmi dan Doa Bersama Ulama, Budayawan, dan Tokoh Masyarakat Jawa Barat, yang bertempat di Yayasan Bambu Indonesia, Perumahan Bumi Cibinong Endah, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (7/11/2018), H. Jatnika Nanggamiharja, selaku sesepuh Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia, memberikan penghargaan 'Serat Wawangi' kepada 5 Tokoh yang telah turut membangun, menjaga dan memelihara kebudayaan Sunda, antara lain DR.H.Fadlizon SS, MSc lewat penelitiannya yang dibukukan tentang senjata 'Kujang'; Komjen Pol.Drs.Lutfi Lubianto, Hartono Lim, Habib Hasan Alatas dan Tri Bangun Laksono dengan pengetahuan serta kiprahnya membudidayakan kembali Bambu sebagai tanaman yang mampu melindungi alam.

Sementara itu, turut hadir dalam Silahturahmi dan Doa Bersama Ulama, Budayawan, dan Tokoh Masyarakat Jawa Barat serta sosialisasi pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, antara lain Wakil Ketua DPR RI Fadlizon, Prof. Dr. Achmad Mubarok MA, Kepala Badan Intelkam Polda Jabar, Komjen Lutfi Lubhianto, Pengurus Yayasan Senam Hijaiyah Indonesia, Habib Muhamad Lutfi Bin Ali Bin Yahya, KH. Abuya Muhtadi Dimyathi, H. Jatnika Nanggamiharja, Elma Theana, Mustafa Debu dan sejumlah tokoh ulama Jawa Barat dan tokoh masyarakat lainny

20181108 Ketua Yayasan Amanah Kita, Hartono Limin
Ketua Yayasan Amanah Kita, Hartono Limin (ist)

Hartono Li Min, selaku Ketua Yayasan Amanah Kita, lebih jauh mengungkapkan karena Taman Miniatur Masjid ini berdiri di tanah Sunda, maka pada hari ini berkumpul para ulama, budayawan dan tokoh masyarakat Sunda untuk melakukan doa bersama dan silaturrahmi sekaligus sosialisasi pembangunan Taman Miniatur ini. Sambil menunggu masterplane selesai, maka di lokasi Taman Miniatur terlebih dahulu dibangun Sanggar Bambu yang disponsori oleh Yayasan Bambu Indonesia, sebagai wujud arsitektur seni Sunda.

Respon internasional pun sudah muncul, tambah Hartono baik melalui perwakilan dari negara negara islam seperti Iran, Irak, Islamabad dan lainnya, yang bangunan masjidnya telah terseleksi secara ketat, baik keunikan arsitekturnya maupun historikalnya bagi membangun peradaban dunia. Bahkan dalam waktu dekat Yayasan Amanah Kita diundang oleh UNESCO untuk memaparkan gagasan tersebut, lanjutnya lagi.

Sedangkan Ketua DPR RI DR.H.Fadlizon SS, MSc, seusai menerima Serat Wawangi Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia, mengungkapkan bahwa gagasan besar ini harus didukung dan harus diwujudkan karena Indonesia bukan saja dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia namun juga Indonesia menunjukkan Islam yang demokratis, jelas Fadlizon.

20181108 Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia
Ketua Yayasan Senam Hijaiyah, H Jatnika Nanggamiharja, sedang menunjukkan kebolehannya bermain pencak silat pada aacara Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia (ist)

Sementara Syarif Pahlevi selaku Div. Litbang Sejarah dan Budaya Yayasan Amanah Kita, secara terpisah menegaskan bahwa Miniatur masjid akan menjadi trend setter sekaligus barometer kemajuan perilaku dan pemikiran manusia menuju kehidupan yang adil dan beradab, secara spiritual maupun material yang setara diantara berbagai bangsa.

Selaku yayasan yang menggagas berdirinya Taman Miniatur 99 Masjid dunia, Amanah Kita berkeinginan mengajak masyarakat berbudaya Sunda untuk bertindak selaku tuan rumah, yang tidak hanya mampu secara bersama-sama dengan masyarakat dunia untuk mengawal pembangunan infrastrukturnya namun juga memperkenalkan ke dunia luar bahwa adat budaya Sunda maupun ragam budaya Nusantara lainnya dapat berakulturasi dengan baik dengan nilai-nilai Islam.

20181108 Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia
Hartono Limin Bersama H Jatnika Nanggamiharja Pada acara Sosialisasi Pembangunan Taman Miniatur 99 Masjid Dunia (ist)

Diharapkan dengan berkumpulnya seluruh elemen masyarakat Jawa Barat ini dapat mengajak semua yang hadir untuk bersamasama merealisasikan pusat peradaban dan wisata religi yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan Dunia Islam.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: m nur ichsan arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved