Selidiki Penyebab Ledakan Rumah di Bekasi, Polisi Periksa Tabung Gas dan Kompor

TIM Laboratorium Forensik (Labfor) Polres Metro Bekasi Kota membawa tabung gas elpiji 12 kilogram, regulator gas, dan kompor gas.

Selidiki Penyebab Ledakan Rumah di Bekasi, Polisi Periksa Tabung Gas dan Kompor
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polres Metro Bekasi Kota membawa tabung gas elpiji 12 kilogram, regulator gas, dan kompor gas, guna menyelidiki penyebab ledakan di sebuah rumah di Perum Harapan Baru 2, Jalan Gurame 2 Blok E2/14 RT 06/02, Bekasi Barat pada Kamis (8/11/2018) pukul 04.00. 

TIM Laboratorium Forensik (Labfor) Polres Metro Bekasi Kota membawa tabung gas elpiji 12 kilogram, regulator gas, dan kompor gas.

Hal itu dilakukan guna menyelidiki penyebab ledakan yang terjadi di sebuah rumah di Perum Harapan Baru 2 Jalan Gurame 2 Blok E2/14 RT 06/02, Bekasi Barat, Kamis (8/11/2018) pukul 04.00.

Pantauan Warta Kota, Tim Labfor datang sekitar pukul 12.30, mereka memasuki lokasi rumah yang hancur tersebut. Mereka memeriksa dan memfoto sejumlah bagian di dalam rumah.

Baca: Sebuah Rumah di Bekasi Hancur Diduga karena Tabung Gas Elpiji Meledak, Empat Penghuni Luka-luka

Sekitar satu jam berada di lokasi, mereka keluar membawa satu buah tabung gas elipiji 12 kilogram lengkap dengan regulator yang masih menempel, selang regulator yang sudah terputus, serta kompor gas.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Jairus Saragih mengatakan, sementara hasil yang terlihat, yang meledak bukan tabung gas, melainkan karena ada kebocoran pada regulator gas.

"Ini kita lihat tabung gas dalam keadaan utuh, tabung gas tidak meledak. Dugaan ledakan itu dari gas bocor yang terperangkap dalam rumah, kemudian tersulut api, sehingga menimbulkan ledakan," katanya saat ditemui wartawan di lokasi, Kamis (8/11/2018).

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polres Metro Bekasi Kota membawa tabung gas elpiji 12 kilogram, regulator gas, dan kompor gas, guna menyelidiki penyebab ledakan di sebuah rumah di  Perum Harapan Baru 2, Jalan Gurame 2 Blok E2/14 RT 06/02, Bekasi Barat pada Kamis (8/11/2018) pukul 04.00.
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polres Metro Bekasi Kota membawa tabung gas elpiji 12 kilogram, regulator gas, dan kompor gas, guna menyelidiki penyebab ledakan di sebuah rumah di Perum Harapan Baru 2, Jalan Gurame 2 Blok E2/14 RT 06/02, Bekasi Barat pada Kamis (8/11/2018) pukul 04.00. (WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM)

Ia mengatakan, tidak ada kobaran api yang besar, hanya hawa panas, sehingga membuat dua penguhuni rumah melepuh bagian dada dan kakinya.

"Korban luka bakar sekitar 20 persen. Sekali lagi ledakan itu bukan dari tabungnya, tapi dugaan regulator bocor mengendap di dalam rumah. Terus begitu ada pemicu sedikit, bisa dari listrik atau pemantik kompor gas, akhirnya nyambar sehingga meledak. Ditambah rumah ini tidak ada ventilasi yang cukup," paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved