Mabuk Pakai Air Rebusan Pembalut Wanita Mulai Jadi Tren, BNN akan Lakukan Uji Laboratorium

Namun jika ditemukan adanya pelanggaran hukum, BNN akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan.

Mabuk Pakai Air Rebusan Pembalut Wanita Mulai Jadi Tren, BNN akan Lakukan Uji Laboratorium
Istimewa
Ilustrasi 

BADAN Narkotika Nasional (BNN) merespons kasus perasan air dari pembalut wanita yang digunakan untuk 'fly' di kalangan remaja, yang beredar beberapa waktu lalu.

Namun, rupanya kasus-kasus tersebut juga pernah ditemukan BNN di Jakarta. Deputi Berantas Badan Narkotika Nasional Irjen Arman Depari menyebut, tren 'fly' mengunakan pembalut wanita juga pernah terjadi Bekasi, Karawang, bahkan di Jakarta Timur.

"Ada anak-anak muda kita yang menggunakan kain pembalut wanita yang direbus, kemudian airnya diminum untuk bahan pengganti narkoba. Namun ini masih dalam pendalaman kita," kata Arman Depari di BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

Baca: Pemkot Tangerang Bakal Terapkan Sistem Tiket Elektronik untuk Transportasi Umum

Kata Arman Depari, pihaknya akan mencoba menindaklanjuti informasi yang beredar tersebut. Pihaknya belum dapat membeberkan apa kandungan yang ada di dalam pembalut tersebut, sebelum dilakukan uji laboratorium.

"Ini jadi perhatian kita, makanya akan dilakukan pendalaman. Tapi yang jelas menurut mereka pembalut wanita, di dalamnya mengandung bahan-bahan psikoaktif, atau bahan yang lain. Tapi ini tentu masih diperlukan pendalaman dan pemeriksaan laboratory," paparnya.

Namun jika ditemukan adanya pelanggaran hukum, BNN akan lakukan penegakan hukum sesuai aturan.

"Itu pembalut kan barang legal, kemudian disalahgunakan. Ini yang akan kita lakukan pemeriksaan kembali. Kalau di situ ternyata ada pelanggaran hukum, atau memang di situ ada ketidaksengajaan. Nah, itu berbeda cara penanganannya," ucapnya. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved