Dapat Duit dari Pemprov DKI, Pemkot Bekasi Bangun Crossing Buaran Cakung

Pemerintah Kota Bekasi segera realisasikan pembangunan crossing Kali Cakung-Buaran

Dapat Duit dari Pemprov DKI, Pemkot Bekasi Bangun Crossing Buaran Cakung
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Senin (22/10). 

Pemerintah Kota Bekasi segera realisasikan pembangunan crossing Kali Cakung-Buaran setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui Rp 602 miliar dana hibah bantuan kemitraan.

Kasi Pengembangan, Pembangunan Jalan, dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Idi Susanto mengatakan, pembangunan crossing itu sangat diperlukan mengingat lokasi kolong Jalan Tol JORR kerap kali banjir. Lokasinya juga berbatasan antara Kota Bekasi dan DKI Jakarta.

"Itu kan cekungan gitu dataran rendah, jadi air turun ke lokasi itu. Tapi jalan keluar air kecil hanya ke saluran gitu. Jadi tiap kali hujan besar banjir, karena air lama surutnya. Mangkanya kita cuman mengandalkan pompa air," katanya kepada Wartakota, Kamis (8/11/2018).

Ia mengungkapkan crossing dibangun mulai dari sisi barat Tol JORR melewati bawah tol menuju Kali Cakung-Buaran. Selain itu juga saluran depan Kota Bintang penghubung ke Kali Cakung-Buaran akan dilakukan pelebaran.

Adapun dana yang dibutuhkan untuk pembangunan crossing atau gorong-gorong ke Kali Cakung-Buaran sekitar Rp 16 miliar.

"Kita akan langsung kerjakan pembangunan kalau dana sudah ada. Jadi biar cepat terealisasi. Nanti kita tinggal buat crossing dan lebarin saluran dekat Kota Bintang," jelasnya.

Idi menambahkan, proses pembangunan gorong-gorong di tol Kali Buaran bisa memakan waktu enam bulan hingga satu tahun.

"Kita tunggu segera dananya agar kita bisa langsung kerjakan. Proses pengerjaan enam bulan paling lama satu tahun. Diharapkan setelah selesai lokasi itu tidak lagi banjir," paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved