Wakil Wali Kota Bekasi Menyatakan Rujukan Kartu Sehat Guna Berdayakan Puskesmas

Pemerintah Kota Bekasi menerapkan aturan rujukan dalam penggunaan Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) saat berobat ke rumah sakit.

Wakil Wali Kota Bekasi Menyatakan Rujukan Kartu Sehat Guna Berdayakan Puskesmas
Warta Kota/Muhamad Azzam
Warga Kota Bekasi menunjukkan Kartu Sehat. 

WARTA KOTA, BEKASI---Pemerintah Kota Bekasi menerapkan aturan rujukan dalam penggunaan Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) saat berobat ke rumah sakit.

Mereka diwajibkan mengantongi surat keterangan persetujuan tindakan medis dari Dinas Kesehatan atau puskesmas.

Menurut Kota Bekasi'>Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, penerapan prosedur itu guna memanfaatkan fasilitas puskesmas yang ada di Kota Bekasi.

"Kami kan punya fasilitas puskesmas yang bagus dan cukup mempuni. Jadi kami inginkan pengoptimalan layanan puskesmas," kata Tri saat di kantor Pemkot Bekasi, Rabu (7/11/2018).

Tri mengatakan, penerapan sistem rujukan ini juga dikarenakan banyak warga yang sakit ringan bisa ditangani ditingkat puskesmas tanpa perlu ke rumah sakit.

"Aturan rujukan ini mampu menekan perilaku warga. Misal cuma pusing atau mencret inginnya ke dokter spesialis, padahal bisa di puskesmas. Itulah dalam rangka kenapa kami melakukan perbaikan terhadap sistem yang ada," katanya.

Tri mengatakan, ada juga kondisi rujukan Kartu Sehat tidak diperlukan jika dalam kondisi darurat.

"Jika dalam kondisi emergensi, pengguna Kartu Sehat tidak perlu rujukan dan dapat menggunakan layanan langsung di rumah sakit. Sepanjang gawat darurat tiba-tiba jatuh dibawa ke rumah sakit, ya silakan, sesuai SOP," kata Tri.

Tri mengatakan, keberadaan Kartu Sehat juga sebagai alternatif pilihan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, selain dari layanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola melalui Badang Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Program Kartu Sehat dan BPJS Kesehatan tidak tumpang tindih. Kami saling melengkapi saja buat yang sudah punya itu (JKN-KIS) silakan, nanti yang dia mau pakai ini Kartu Sehat, pakai dulu fasilitas yang sudah dimiliki. Misalnya kayak saya, kan udah ada BPJS, walau ada Kartu Sehat Bekasi, saya tetep pakai BPJS Kesehatan," kata Tri.

Baca: Tanggapan Warga soal Kartu Sehat Kota Bekasi Diwajibkan Pakai Surat Rujukan

Baca: Warga Kota Bekasi Keluhkan Minimya Sosialisasi Syarat Penggunaan Kartu Sehat

Baca: Pemohon Kartu Sehat di Bekasi Bertambah Pasca-Pilkada 2018

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved