Antisipasi Banjir, Pemkot Bekasi Siapkan Anggarkan Rp 40 Miliar Bangun Polder Air di Pondok Gede

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan anggaran sekitar 40 miliar untuk pembangunan kolam retensi pengendali banjir.

Antisipasi Banjir, Pemkot Bekasi Siapkan Anggarkan Rp 40 Miliar Bangun Polder Air di Pondok Gede
Dokumentasi Humas Pemkot Bekasi
Polder air di Aren Jaya Bekasi Timur.

WARTA KOTA, BEKASI---Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiapkan anggaran sekitar 40 miliar untuk pembangunan kolam retensi pengendali banjir atau polder air di daerah Kempo, Pondok Gede.

Pasalnya wilayah tersebut kerapkali dilanda banjir saat musim hujan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pembangunan polder air itu sudah masuk tahap pembebasan lahan. Pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap.

"Anggaran untuk pembebasan lahan dengan bangunan bisa Rp 40 miliar sampai Rp 50 miliar. Kami lalukan bertahap, diharapkan lima tahun selesai," kata Tri, Rabu (7/11/2018).

Tri mengatakan, polder berfungsi untuk menyedot air dari jalan dan dialirkan ke polder tersebut sebagai penampung air.

Sehingga banjir yang terjadi disekitar Jatibening dapat diatasi termasuk genangan yang kerap terjadi diperumahan sekitar polder.

"Polder itu diharapkan nanti menjadi soluasi penanggulangan bajir di wilayah itu. Kami terus akan lalukan upaya-upaya," katanya.

Selain pembangunan polder, kata Tri, meminimalkan dan menanggulangi banjir di Kota Bekasi,harus dibangum tandon air, long storage (saluran air).

Di Kota Bekasi terdapat 13 polder yang tersebar di beberapa kelurahan. Beberapa di antaranya Bendungan Koja Jatiasih, Rawa Pasung Bekasi Barat, Perumahan IKIP Jatiasih, Vila Indah Permai Bekasi Utara, Aren Jaya Bekasi Timur, Rawa Bogo Pondok Melati, Pengasinan Rawalumbu, Jalan RA Kartini Bekasi Timur, Perumahan Pulo Permata Sari, perumahan Fajar, dan Taman Galaxy.

"Polder air ini yang utama harus banyak, biar jadi resapan dan penampungan air dari kali-kali yang sudah tak dapat menampung debit air jika hujan. Jadi bisa dialiri ke polder air itu," kata Tri.

Baca: Untuk Membangun Sebuah Polder Membutuhkan Anggaran Sekitar Rp 20 Miliar

Baca: Pemkot Tangerang Bangun 11 Polder Tanggulangi Banjir

Baca: Bocah Tenggelam saat Cari Ikan di Polder Air di Bekasi

 

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved