Pilpres 2019

1.117 Personel Polrestro Bekasi Disiapkan untuk Amankan Pilpres 2019

"Netralitas Polri itu harga mati lah ya, jadi memang selalu kita tekankan tentang netralitas Polri, sama TNI juga."

1.117 Personel Polrestro  Bekasi Disiapkan untuk  Amankan Pilpres  2019
Foto dokumen Humas Polres Metro Bekasi
Petugas Polres Metro Bekasi saat menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Mapolrestro Bekasi, Rabu (7/11/2018) siang. 

WARTA KOTA, BEKASI --- Sebanyak 1.117 personel Polres Metro Bekasi disiapkan untuk mengamankan Pilpres 2019 mendatang.

Personel kepolisian itu juga telah dibekali pelatihan proses pengamanan dari segala kemungkinan situasi yang terjadi saat Pemilu 2019.

Wakil Kapolres Metro Bekasi, AKBP Luthfie Sulistiawan mengatakan, anggota Polres diberi pembekalan-pembekalan tentang peraturan UU yang berkaitan dengan pemilu.

Baca: Polres Metro Bekasi Siapkan Tim Cyber Hadapi Kampanye Hitam Jelang Pilpres 2019

Mereka juga dibekali tentang keharusan atau kewajibannya termasuk hal-hal secara teknis di lapangan jika terjadi keributan.

"Makanya setelah dapat pembekalan soal peraturan UU terkait Pemilu, tadi siang kita juga lakukan simulasi pengamanan mulai tahap kampanye, masa tenang sampai proses pemilihan," kata Luthfie, Rabu (7/11/2018).

Bahkan segala asumsi kejadian yang berpotensi terjadi saat pemilu 2019, pihaknya juga telah melakukan pemetaan tentang cara penanganannya.

"Kita asumsi ada beberapa kejadian sehingga penanganan yang tepat seperti apa, peran Polri seperti apa, peran masing-masing departemen seperti apa," ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memberikan penjelaskan mengenai larangan bagi anggota Polri, termasuk soal netralitas dalam pemilu 2019.

Baca: Wali Kota Tangerang Minta Media Massa Jangan Buat Kegaduhan Jelang Pilpres 2019

"Netralitas Polri itu harga mati lah ya, jadi memang selalu kita tekankan tentang netralitas Polri, sama TNI juga," katanya.

"Diharapkan tidak ada hal-hal yang menjadi persoalan berkaitan dengan netralitas ini."

"Harapannya setelah pelaksanaan pembekalan ini seluruh personel baik itu personel Polres ataupun komponen yang lain paham betul apa yang harus mereka lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan," ucap Luthfie.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved