Pelaku Pembobol ATM Bermodus Operator Call Center Diciduk Polisi

Polda Metro Jaya menangkap tiga orang pelaku pembobol ATM, mereka adalah Zainal Arifin, Darlan, dan Lilis.

Pelaku Pembobol ATM Bermodus Operator Call Center Diciduk Polisi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono (kedua dari kiri) menunjukkan barang bukti hasil kejahatan pelaku pembobol ATM. 

WARTA KOTA, SEMANGGI---Polda Metro Jaya menangkap tiga orang pelaku pembobol ATM, mereka adalah Zainal Arifin, Darlan, dan Lilis.

Modus yang dilakukan ketiganya terbilang baru. Lantaran satu dari tiga orang pelaku berpura-pura bertindak sebagai operator call center salah satu bank.

Sebelum melakukan aksinya, para pelaku mempersiapkan segala sesuatu dengan cukup matang.

Zainal berperan sebagai orang yang memasang biji plastik di mulut ATM dengan harapan kartu ATM korban tertahan di dalam mesin.

"Lalu tersangka Zainal ini memasang nomor call center palsu di dekat ATM yang ternyata nomor tersangka lain. Kemudian, Darlan berperan sebagai tukang gambar, melihat situasi lokasi. Sedangkan Lilis berpura-pura sebagai call center dari bank," kata Polda Metro Jaya'>Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (6/11/2018).

Korban pertama masuk perangkap para pelaku saat kartu ATM miliknya tak berfungsi secara normal.

Ia pun tak bisa mengeluarkan kartu tersebut lantaran diganjal biji plastik pada mulut mesin ATM.

"Ketika korban datang ke mesin ATM tersebut dan memasukkan kartu ATM-nya ke mulut mesin ATM, kartunya terganjal dan tidak bisa digunakan mapun dikeluarkan. Korban menghubungi nomor call center palsu yang ditempel pelaku, dan melaporkan bahwa kartu ATM-nya tersangkut di mulut mesin ATM dan mau memblokir kartunya," ujarnya

Tersangka yang berpura-pura sebagai call center palsu dari suatu bank pun, lanjut Argo, meminta data dari kartu tersebut beserta PIN ATM-nya untuk konformasi.

Setelah korban merasa sudah melapor ke call center bank, ia pun meninggalkan lokasi.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved