Bisnis

70 Persen Usaha Kecil Menengah Meikarta Terapkan Transaksi Elektronik

Memfasilitasi para pedagang UKM memakai akses digital, bisa memajukan dan mengembangkan bisnis secara lebih cepat mengikuti perkembangan zaman.

70 Persen Usaha Kecil Menengah Meikarta Terapkan Transaksi Elektronik
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar proyek Meikarta mengimplementasikan metode pembayaran digital QR Code dari layanan OVO. Program diluncurkan Meikarta bekerjasama dengan OVO dalam program “Meikarta Peduli Warga Lingkungan” di Cibatu, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (5/11/2018). Tim Marketing Communication Meikarta menyerahkan QR Code beserta modem Bolt ke salah satu pedagang UKM, pemilik Warung Mie Ayam Gek Sor. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Sekitar 70 persen dari ratusan pedagang usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar proyek Meikarta, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, telah menerapkan sistem transaksi elektronik.

Sistem tersebut  menggunakan platform pembayaran digital OVO, sehingga saat melakukan transaksi pembeli tinggal melakukan scan barcode yang disediakan penjual.

Presiden Direktur Meikarta, Reza Chatab mengatakan, platform OVO menyediakan QR code sebagai alat transaksi.

Sementara perangkat internet, pihaknya menggandeng modem BOLT sebagai pelopor layanan jaringan 4G LTE di Indonesia.

Baca: KPK Tegaskan Takkan Segel Apalagi Hentikan Proyek Meikarta

"Layanan internet ini juga gratis untuk para pedagang UKM di sekitar kawasan Meikarta," kata Reza, Selasa (6/11/2018).

Reza menilai, memfasilitasi para pedagang UKM memakai akses digital, bisa memajukan dan mengembangkan bisnis secara lebih cepat mengikuti perkembangan zaman.

Apalagi pemerintah sedang menggencarkan sosialisasi transaksi non tunai, seperti transaksi pembayaran di tol.

"Ini merupakan program Meikarta Peduli Warga Lingkungan dalam mewujudkan akses digital ke para pedagang UKM yang ada di sekitar proyek Meikarta," katanya.

Menurutnya, sistem pembayaran digital toko-toko tradisional akan meningkatkan daya saing secara sehat dengan toko ritel modern.

Baca: Madagaskar Belajar Ekonomi Kreatif Hasil UKM ke Tangerang Selatan

Transaksi akan mudah, cepat dan aman, sekaligus pedagang dan pembeli akan mendapatkan ragam promosi OVO yang sangat menguntungkan bagi kedua pihak.

Program ini merupakan inovasi Meikarta untuk mendorong perekonomian nasional dan mewujudkan kota modern Meikarta bagi masyarakat Indonesia.

"Program ini akan terus berjalan seiring dengan pembangunan Meikarta yang terus bergeliat," ucapnya.

"Meikarta akan memberdayakan perekonomian warga mulai pemilik toko tradisional, warung makanan mulai penjual mie ayam, warteg, hingga bengkel kendaraan bermotor yang berada di sekitar proyek Meikarta," katanya lagi.

Dia berharap, program tersebut menjadi solusi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Program Meikarta Peduli Warga Lingkungan juga akan aktif mendampingi penduduk sekitar meningkatkan ekonomi, menyinergikan perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat modern.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved