Situ Rawa Gede Terkenal Angker dan Kumuh Kini Dilirik Pemkot Bekasi Jadi Wisata Air

Pemerintah Kota Bekasi mencanangkan Situ Rawa Gede yang terletak di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, sebagai pusat wisata air.

Situ Rawa Gede Terkenal Angker dan Kumuh Kini Dilirik Pemkot Bekasi Jadi Wisata Air
Warta Kota/Muhammad Azzam
Situ Rawa Gede, di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi. Dahulu kondisinya angker dan kumuh, kini dilirik Pemkot Bekasi untuk dijadikan destinasi wisata air. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhammad Azzam

WARTA KOTA, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi mencanangkan Situ Rawa Gede yang terletak di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, sebagai pusat wisata air.

Padahal dahulu Situ Rawa Gede tidak dilirik, karena kondisinya angker dan kumuh.

Kini kondisi Situ Rawa Gede jauh lebih baik setelah Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 (Amphibi) giat melakukan penataan dan pengangkutan sampah.

"Dulu mah ini cuma resapan air yang tidak keurus, sampah dimana-mana. Belakangan ini aja dilirik Pemkot Bekasi mau dijadikan destinasi wisata. Setelah kami bersihkan, kini Situ Rawa Gede mulai dilirik," kata Wakil Ketua I Amphibi Bekasi Bojong Menteng, Nurdin, Senin (5/11/2018).

Nurdin mengatakan kegiatan yang dilakukan itu merupakan program Kampung Peduli Pencemaran Lingkungan (KPPL). Semua anggotanya melakukan pengakutan sampah berangkat dari kesadaran pribadi terhadap lingkungan.

"Banyak eceng godong sampah juga kita bersihkan setiap harinya," ucapnya.

Situ Rawa Gede, di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi. Dahulu kondisinya angker dan kumuh, kini dilirik Pemkot Bekasi untuk dijadikan destinasi wisata air.
Situ Rawa Gede, di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi. Dahulu kondisinya angker dan kumuh, kini dilirik Pemkot Bekasi untuk dijadikan destinasi wisata air. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Nurdin mengungkapkan, Amphibi sudah bergerak sejak awal tahun 2018 untuk menghilangkan citra negatif yang melekat pada Situ Rawa Gede.

"Kita terus benahi sampai kesan angker dan kumuh ini hilang. Air di sini dulu warnanya hitam dan bau karena dijadikan tempat membuang limbah oleh pabrik kecap, Alhamdulillah setelah kita gerak limbahnya tidak dibuang ke situ lagi dan warna airnya jadi hijau," kata dia.

Nurdin menyebut gerakan organisasi lingkungan Amphibi ini murni berangkat dari kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Bisa merubah kondisi masyarakat jadi jauh lebih baik aja kita sudah bersyukur. Saya juga ingin warga sekitar Situ Rawa Gede lebih mandiri jika kelak lokasi ini menjadi destinasi wisata," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved