Penipuan

Pengusaha Properti Diduga Dihipnotis hingga Rugi Rp 150 Juta

Sambil menikmati makanan ringan, kemudian pelaku menawarkan kerja sama dan membujuk si korban untuk berinvestasi uang Rp 150 juta.

Pengusaha Properti Diduga Dihipnotis hingga Rugi  Rp 150 Juta
udemy
Ilustrasi hipnotis 

WARTA KOTA, TANAH ABANG --- Jhony (52), pengusaha properti, mengalami kerugian hingga  Rp 150 juta.

Dia tertipu oleh pelaku yang menggunakan modus penanaman modal investasi menjadi Rp 2,5 miliar.

Pelaku diketahui berjumlah tiga orang. Mereka berinsial JW (48), JK (44) dan EH (46), yang ditangkap petugas saat bersembunyi di Bogor, Minggu (4/11/2018).

Saat  penangkapan tersebut, petugas menyita, barang bukti berupa transfer dan rekening koran.

Baca: Siswi SMP di Cipinang Muara Diduga Jadi Korban Hipnotis dan Hendak Diculik

Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang Kompol Supriyadi menuturkan, peristiwa itu berawal saat korban bertemu dengan tiga pelaku, Senin (22/10/2018) di Apartemen Thamrin Resident, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.00 WIB.

"Diduga korban dengan pelaku saling kenal, tapi hubungan pertemanan mereka baru," ujar Supriyadi di Mapolsek Tanah Abang, Jalan Penjernihan, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018).

Sambil menikmati makanan ringan, kemudian pelaku menawarkan kerja sama dan membujuk si korban untuk berinvestasi uang Rp 150 juta.

Modusnya, pelaku menjanjikan bahwa dalam waktu beberapa bulan korban akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda sebesar Rp 2,5 milyar.

Baca: Ibunya Diduga Dihipnotis Pria Hingga Raib Rp 40 Juta, Nuril akan Lapor Polisi

"Bisa jadi, diduga pengusaha properti ini sudah kena hipnotis hingga cepat menyerahkan uang dengan mentrasfer lewat rekening pelaku," ujar Supriyadi.

Ketika korban sudah mentransfer uang, ketiga pelaku itu segera meninggalkan korban. Setelah itu, korban baru sadar bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan.

Pengusaha properti itu sempat menghubungi telepon genggam si pelaku, namun tak aktif. Akhirnya, korban langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Metro Tanah Abang.

Pelaku pun diburu setelah polisi mengidentifikasi pelaku melalui rekaman CCTV yang ada di tempat kejadian perkara (TKP).

Pelaku juga terdeteksi dari ponsel yang mereka pakai saat di Bogor. Akhirnya, petugas membekuk pelaku di Bogor.

Baca: Pengendara Motor Jadi Korban Hipnotis di Sawah Besar

Kini ke tiga pelaku diamankan petugas ke Mapolsek Metro Tanah Abang, berikut barang lainnya berupa bukti transfer bank serta dan rekening koran.

"Pelaku berhasil ditangkap karena korban cepat melapor serta adanya alat pendukung hingga pelaku bisa ketangkap," ujar Supriyadi. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved