Ternyata, Wisata Hutan Bambu Bekasi Lahan Kosong Tempat Istirahat Petugas Kebersihan

Usai bekerja membersihkan sampah, mereka nongkrong dan beristirahat. Agar lebih nyaman mereka bangun saung-saung hingga ditanami pohon bambu.

Ternyata, Wisata Hutan Bambu Bekasi Lahan Kosong Tempat Istirahat Petugas Kebersihan
Warta Kota/Muhammad Azzam
Wisata Hutan Bambu di pinggir Kali Bekasi RW 26, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhammad Azzam

WARTA KOTA, BEKASI -- Wisata Hutan Bambu di pinggir Kali Bekasi RW 26, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur ternyata duhalu merupakan tempat istirahat Petugas Kebersihan Kali Bekasi atau Tim Katak Orange dari Dinas Lingkungan Hidup.

Lokasi lahan kosong itu merupakan milik warga setempat. Lahan itu awalnya bersihkan pohon-pohon pisang dan juga sejumlah empang.

Usai bekerja membersihkan sampah, mereka nongkrong dan beristirahat. Agar lebih nyaman mereka bangun saung-saung hingga ditanami pohon bambu.

"Awalnya memang tim katak Dinas Lingkungan Hidup suka istirahat disini. Mereka melihat daratan ini potensi jadi lokasi nongkrong buat warga sekitar. Pohon bambu yang ditaman juga awalnya agar tidak abrasi dari Kali Bekasi, semakin banyak bambu ternyata kok indah akhirnya tergagaslah untuk kembangkan wisata ini," kata Ketua Forum Masyarakat Pecinta Kali Bekasi (FMPKB) Duddy, Minggu (4/11/2018).

Duddy menjelaskan saung-saung maupun dermaga cinta yang dibuat juga dari sisa-sisa bambu milik warga maupun bambu yang hanyut di Kali Bekasi.

"Jadi lahan kosong itu mulai ditanami pohon bambu 5 tahun lalu, saung-saung juga baru dibangun 1 tahun terakhir ini. Kalau dermaga cinta itu ya baru beberapa bulan terakhir ini, kita cat semua warna-warni ya memang ini semua swadaya warga," katanya.

Baca: Situ Rawa Gede Terkenal Angker dan Kumuh Kini Dilirik Pemkot Bekasi Jadi Wisata Air

Keberadaan wisata Hutan Bambu ini tanpa promosi dan informasi kepada masyarakat Kota Bekasi. Mereka banyak yang tahu melalui obrolan dari mulut ke mulut maupun media sosial.

"Ya ini sudah ada satu tahun lalu, tapi baru mulai booming ramai gini ya satu bulan ini. Sabtu Minggu saat ini bisa ramai, yang datang juga bukan warga sekitar sini saja. Ini semakin terkenal setelah di Walikota sama Wakil Walikota datang terus diekspose ke media sosial," jelasnya.

Muhamad Inan Maulana anak pemilik lahan itu mengatakan lokasi wisata Hutan Bambu itu memiliki luas 8.000 meter persegi.

Baca: Bekasi Bakal Ditanami 1.000 Pohon Sukun

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved