Ridwan Kamil Bertemu Luhut Laporkan Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan bertemu dengan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Ridwan Kamil Bertemu Luhut Laporkan Sungai Citarum
Kompas.com/Dendi Ramdhani
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan bertemu dengan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan untuk melaporkan perkembangan program penataan Sungai Citarum, Jumat (2/11/2018) siang.

Kamis (1/11/2018) sore, Ridwan yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Citarum memimpin rapat perdananya di Gedung Sate.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, pertemuan dengan Menko Maritim akan membahas beberapa hal.

Salah satunya, menegaskan kekuatan dan fungsi organisasi. "Ini rapat pertama saya sebagai Dansatgas Citarum sesuai Perpresnya. Dan, besok hasil rapat ini akan dibawa ke rapat dewan pengarah, tim pengarahnya adalah Pak Luhut sebagai Menko Maritim. Kami ingin menegaskan kekuatan organisasi ini mohon tidak hanya terbatas di kertas. Tapi memang bisa mengeksekusi. Sampai hari ini kegiatan berlangsung banyak. Hanya sporadis kurang terkoordinasi. Besok kita ingin menegaskan fungsi koordinasi," ucap Emil.

Selain itu, Emil juga akan menanyakan soal porsi anggaran penataan Citarum untuk tahun depan dari pemerintah pusat.

Sebab, sampai saat ini ia belum mengetahui besaran anggaran serta mekanisme pendanaan untuk penanganan Citarum.

"Kedua, ingin menegaskan bantuan anggaran sebenarnya berapa dari komitmen yang biaa keluar dari Perpres ini untuk nanti selaku Dansatgas saya mendistribusi sesuai urgensinya. Saya juga gak hafal (anggarannya) sebagai gubernur baru belum ada evaluasi," tambahnya.

Selama koordinasi belangsung, kata Emil, tim di lapangan terus melakukan pengerukan sedimentasi di wilayah rawan banjir.

Ia menilai, kondisi Citarum saat ini sudah lebih baik dari tahun lalu. "Sambil ini berlangsung di lapangan meneruskan penggalian sedimentasi di daerah cenderung potensi banjir tahunan. Kalau laporan dari lapangan (sekarang) jauh lebih baik tapi kita tidak bisa menganalisa secara mendalam. Tapi saya juga secara kasat mata melihat sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Karena TNI pada musim kemarau melakukan kegiatan-kegiatan yang maksimal," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, Ridwan Kamil Laporkan Kondisi Citarum kepada Menko Maritim ",
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Farid Assifa

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved