Jurnalis Arab Saudi Hilang

Donald Trump: Tutupi Pembunuhan Jamal Khashoggi Itu Aksi Terburuk Sepanjang Sejarah

PRESIDEN AS Donald Trump menyebut upaya untuk menutupi pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki sebagai yang terburuk sepanjang masa.

Donald Trump: Tutupi Pembunuhan Jamal Khashoggi Itu Aksi Terburuk Sepanjang Sejarah
news.sky.com
PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump 

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump menyebut upaya untuk menutupi pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Turki sebagai yang terburuk sepanjang masa.

Dia mengatakan, siapa pun yang menyusun plot operasi itu dipastikan mendapat masalah besar.

"Mereka memiliki konsep asli yang sangat buruk. Itu dilakukan dengan buruk dan upaya menutupinya merupakan salah satu yang terburuk dalam sejarah," katanya di Gedung Putih, Selasa (23/10/2018).

"Karena siapa pun yang memiliki ide itu, saya pikir mereka sedang dalam masalah besar," imbuhnya, seperti diwartakan AFP.

Baca: The Tiger Squad Pembunuh Jamal Khashoggi, Begini Operasi Rahasia Pasukan Pangeran MBS Ini

Baca: Via Skype, Penasihat Putra Mahkota Arab Saudi Perintahkan Bunuh Jamal Khashoggi

Setelah dua pekan bergeming, pemerintah Arab Saudi pada Sabtu lalu mengakui bahwa Khashoggi (59) dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, dalam operasi yang keliru.

Ketika ditanya mengenai seruan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan agar orang di balik pembunuhan itu menghadapi hukuman, Trump menilainya sebagai hal sangat keras kepada Saudi.

Trump mengatakan Saudi merupakan sekutu AS yang penting di Timur Tengah.

"Arab Saudi merupakan sekutu yang benar-benar hebat. Mereka telah menjadi salah satu investor terbesar, mungkin justru investor terbesar di negara kita," ujarnya.

Sebelumnya, Erdogan mengatakan, Khashoggi telah menjadi sasaran dalam pembunuhan yang direncanakan secara terperinci. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump Sebut Upaya Tutupi Pembunuhan Khashoggi sebagai Aksi Terburuk"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved