DPRD DKI Menilai Dana Hibah Rp 2,09 Triliun untuk Kota Bekasi Terlalu Berlebihan

Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjutak menilai dana hibah yang diajukan Pemkot Bekasi terlalu berlebihan.

DPRD DKI Menilai Dana Hibah Rp 2,09 Triliun untuk Kota Bekasi Terlalu Berlebihan
Warta Kota/Dwi Rizki
Ilustrasi DPRD DKI Jakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH----Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan pengajuan dana hibah dari Pemerintah Kota Bekasi terkait pengelolaan sampah dalam perjanjian kerja sama sebesar Rp 2,09 triliun belum bisa dicairkan karena menunggu pembahasan lebih lanjut.

Atas proposal dana hibah tersebut, Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjutak menilai dana hibah yang diajukan Pemkot Bekasi terlalu berlebihan.

Jhonny mengingatkan, Bekasi dan Jakarta adalah sama-sama bagian dari Republik Indonesia yang saling membutuhkan. Terlebih lagi kedua kota ini terletak bersebelahan.

"Bagaimanapun, 'kan kita harus bisa saling memahamilah. Dalam artian demi pembangunan secara utuh itu harus diperhatikan," kata Jhonny seperti dilansir Antaranews.com, Jumat (19/10/2018).

Politikus PDIP itu beranggapan proposal dana hibah sebesar Rp 2,09 Triliun terlalu besar untuk diberikan kepada Kota Bekasi, walaupun anggaran tersebut sangat diharapkan dapat membantu memuluskan pengangkutan sampah dari DKI ke kawasan Bantargebang, Bekasi.

"Kami juga memahami bahwa Kota Bekasi punya keterbatasan dana. Karena itu tidak salah kalau mengharapkan dana hibah itu. Tapi maksud saya nilai itu terlalu besar," katanya.

Belasan truk sampah DKI Jakarta dihentikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Truk bermuatan sampah warga DKI itu dihadang setelah keluar dari gerbang Tol Bekasi Barat menuju tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) terpadu Bantargebang.

Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, penghentian truk sampah DKI Jakarta dilakukan karena ada beberapa kewajiban DKI sebagai mitra tidak berjalan lancar.

Baca: Masih Akan Dibahas, Dana Hibah Rp 2,09 Triliun Belum Bisa Dicairkan

Baca: Truk Sampah Milik DKI Jakarta Dibatasi, Hanya Tiga Ruas Jalan Bisa Dilintasi Truk Sampah

Baca: Jam Operasional Truk Sampah DKI Dibatasi oleh Kota Bekasi, Sampah Bisa Menumpuk di Jakarta?

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved