Kasus Meikarta, YLKI Menyatakan Etika Bisnis Lippo Grup Buruk

YLKI meminta manajemen Meikarta segera menjelaskan kepada publik terkait keberlanjutan proyek Meikarta tersebut.

Kasus Meikarta, YLKI Menyatakan Etika Bisnis Lippo Grup Buruk
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kondisi proyek Miekarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta manajemen Meikarta segera menjelaskan kepada publik terkait keberlanjutan proyek Meikarta tersebut.

"Kami sudah berupaya untuk menghubungi pihak Lippo dengan mengirimkan surat, tetapi sampai saat ini kami belum mendapatkan jawaban atau tanggapan. Ini menunjukkan bagaimana etika bisnis mereka yang bisa dibilang buruk," kata Sularsi, Koordinator Divisi Pengaduan dan Hukum YLKI, Kamis (18/10/2018).

Sampai saat ini pihak YLKI belum mendapatkan klarifikasi dari manajemen Meikarta, apakah proyek tersebut akan dilanjutkan atau diberhentikan?

Hal ini tentu saja mengakibatkan konsumen menjadi khawatir terkait ketidakjelasan dari proyek pembangunan Meikarta itu sendiri.

YLKI juga menilai, kalau sampai proyek Meikarta diberhentikan akibat perizinan yang belum beres atau adanya masalah lain, maka negara harus hadir untuk menjamin hak-hak keperdataan konsumen yang sudah terlanjur melakukan transaksi pembelian.

"Sebab, bagaimanapun hal ini merupakan tanggung jawab negara, dan merupakan kegagalan negara dalam melakukan pengawasan," ujarnya.

Berdasarkan data dari bidang pengaduan YLKI pada tahun 2018, pengaduan masalah properti menduduki posisi tertinggi mencapai 43 persen, dari pengaduan properti tersebut melibatkan konsumen Meikarta sebanyak sebelas kasus pengaduan.

Mayoritas dari pengaduan Meikarta adalah masalah uang muka yang tidak bisa ditarik lagi, berbanding terbalik dengan yang diiklankan oleh Meikarta sendiri yang mengatakan refundable.

Ditambah dengan masalah model properti yang dipesan tidak ada, padahal pada iklan Meikarta disebutkan model tersebut ada.

Terkait hal tersebut, YLKI menegaskan agar masyarakat berhati-hati untuk merencanakan transaksi pembelian dengan Meikarta, dari pada nantinya akan timbul masalah.

Baca: Dugaan Suap Proyek Meikarta, Pembeli Properti Meikarta Gelisah

Baca: Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta, DPRD Kabupaten Bekasi Sudah Memberikan Peringatan

Baca: Bos Meikarta Ditangkap KPK, Pembeli Gelisah dan Batalkan Pembelian Unit

Kontan.co.id/Martyasari Rizky
Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Kasus Meikarta, YLKI: Etika bisnis Lippo buruk

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved