Pemilu 2019

Caleg Perindo yang Jadi Tersangka Masih Boleh Kampanye

Sementara agar bisa dinyatakan TSM, seorang caleg harus melakukan tindakan serupa di 50 persen wilayah dapilnya.

Caleg Perindo yang Jadi Tersangka Masih Boleh Kampanye
ISTIMEWA
Pemilu 2019 

DAVID H Rahardja, caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Perindo yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana pemilu karena membagikan minyak goreng kepada warga, masih dibolehkan kampanye.

Koordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Jakarta Utara Benny Sabdo menjelaskan, berdasarkan regulasi, dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan David tidak tergolong pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

“Itu kan yang syarat mendiskualifikasi harus TSM. Nah, kalau unsur itu kan belum ya, Bawaslu tidak mengarah ke sana, tapi lebih mengarah ke dugaan pidananya. Artinya membagi-bagi sembako itu kan bagian dari politik uang," kata Benny, Jumat (19/10/2018).

Baca: Bagikan Minyak Goreng, Caleg Perindo Jadi Tersangka

Alasan lain, menurut Benny, yang bersangkutan tidak dinyatakan TSM karena hanya membagikan minyak goreng di dua tempat, yakni Cilincing dan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sementara agar bisa dinyatakan TSM, seorang caleg harus melakukan tindakan serupa di 50 persen wilayah dapilnya.

"Karena kan baru dua tempat, kalau TSM itu kan syaratnya harus 50 persen di dapilnya. Kalau misalkan 50 persen itu kan kalau di Jakarta Utara saja ada enam kecamatan, dan 31 kelurahan, jadi belum mengarah ke sana," tutur Benny.

Untuk itu, David dinilai masih bisa melakukan kegiatan kampanye seperti biasa, walaupun sudah berstatus tersangka.

“Jadi dia boleh kampanye, silakan saja kalau mau kampanye, monggo. Tapi kampanyenya sesuai aturan, prinsipnya kan begitu,” jelasnya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved