Belajar Bisnis Retail di Sekolah, Minimarket Masuk SMK 45

Siswa-siswi kelas XI jurusan pemasaran di SMK 45 Jakarta, Jakarta Barat, mengikuti program pembelajaran retaiil dari Alfamart.

Belajar Bisnis Retail di Sekolah, Minimarket Masuk SMK 45
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Siswa siswi SMK 45 belajar seluk beluk bisnis retail dalam program yang dibangun bersama sekolah dan manajemen Alfamart. 

SISWA-siswi kelas XI jurusan Pemasaran di SMK 45 Jakarta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengikuti program pembelajaran dari Alfamart Class, Senin (15/10/2018).

Program yang digagas oleh PT Sumber Alfaria Trijaya dengan SMK 45 Jakarta ini bertujuan memotivasi pelajar agar bisa ikut merasakan dunia kerja.

Sebuah minimarket digelar di dalam SMK 45 Jakarta.

Minimarket itu sendiri dibuat oleh perusahaan dengan sekolah untuk melatih keterampilan siswa dan siswi di SMK 45 Jakarta di dalam dunia retail.

Beberapa siswa sibuk melayani siswa-siswi yang lainnya dalam bertransaksi jual beli.

Program ini berjalan selama empat tahun dan dinilai dapat melatih dan memotivasi para siswa-siswi SMK 45 Jakarta dalam dunia kerja di bidang retail.

"Sebelumnya dilatih di dalam kelas, lalu diuji di dalam prakteknya di sini (Bisnis Centre). Saya, di sini dilatih bagaimana menata dagangannya dan ramah terhadap konsumen, menghitung di bagian biaya pemasukan-pengeluaran, dengan juga keluar-masuk barang sampai pembukuan. Sulitnya sih di bagian hitung-hitungannya saja," kata salah satu siswi SMK 45 Jakarta, Faradila (16).

Minimarket itu isinya tak jauh berbeda dengan minimarket pada umumnya di lingkungan permukiman. Makanan dan minuman ringan ditata di lemari pendingin, dan barang-barang dipajang di rak-rak yang tersusun rapi.

Tidak hanya siswa-siswi yang berbelanja, tapi guru-guru turut berbelanja di minimarket yang disebut bisnis centre SMK 45 Jakarta itu.

Ada beberapa dari mereka yang sibuk menghitung bagian transaksi jual beli di komputer, ada pula yang mencatat dan menghitungnya secara manual.

Halaman
12
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved