Vakum 10 Tahun, IOF Kembali Gelar Kejurnas

Setelah vakum 10 tahun, Indonesia Offroad Federation (IOF) kembali menggelar Kejuaraan Nasional 2018.

Vakum 10 Tahun, IOF Kembali Gelar Kejurnas
Istimewa
AWAK media mempraktekkan tip n' trik yang diberikan Honda Wahana di ajang 'Journalist Safety Riding Adventure Competition and product Knowledge CRF150L' di Serpong, Tangerang, Rabu (25/4/2018), dengan menunggang Honda CRF150L di jalur offroad. 

WARTA KOTA, BOGOR - Setelah vakum 10 tahun, Indonesia Offroad Federation (IOF) kembali menggelar Kejuaraan Nasional 2018.

Kejurnas tersebut memperebutkan trofi bergilir yang sejak lama di tangan Pengurus Daerah (Pengda) IOF Kalimantan Selatan.

Kejurnas itu digelar di Sirkuit Alam AA87C Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dari 12 - 15 Oktober 2018.

Ketua Pengcab IOF Bogor, Kolonel Inf Untung Purwadi, mengatakan, selama 10 tahun absen menggelar kejurnas membuat animo anggota IOF yang mengikuti kejurnas saat ini tinggi.

Tercatat 20 pengda dari 34 provinsi terlibat dalam panggelaran offroader tingkat nasional tersebut.

Untung menyatakan, Kejurnas IOF 2018 ini bukan hanya menjadi arena adu cepat dan ketangkasan, tapi merupakan bagian dari bela negara.

"Alhamdulillah Kejurnas dapat kembali digelar. Dalam lomba. Ada perangkat aturan yang harus dipatuhi semua pecinta offroad. Bersahabat dengan alam, menjalin persatuan, dan bergotong-royong menghadapi rintangan hingga mencapai finish. Itulah nilai-nilai bela negara offroader," papar untung, Sabtu (13/10/2108).

Untung menambahkan bahwa dalam kejurnas ini diharapkan menghasilkan pemenang-pemenang sejati.

Sebab, pemenang yang cinta tanah air dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap alam dan sesama.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejurnas IOF 2018 Anton Yurianto menjelaskan, tidak diadakan kejurnas selama 10, karena ada beberapa faktor yang menjadi penghambatnya.

Di antaranya adalah penentuan lokasi yang memang sulit.

"Lamanya kegiatan membuat animo peserta sangat tinggi. Untuk kejurnas dan kejuaraan umum terbuka, mencapai 134 peserta," ujar Anton.

Ketua Pengurus Pusat IOF, Askar Kartiwa, menyebutkan bahwa organisasi IOF mempunyai 12.000 angota.

"Walaupun vakum dalam kejurnas tetapi masih mengadakan lomba-lomba di daerah hampir setiap minggu. Dalam satu tahun itu lebih dari 52 even," tandasnya. (DOD)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved