Menoreh Art Festival 2018, Ketika Reog Ponorogo Jadi Bintang

BUPATI Kulon Progo Hasto Wardoyo menaiki kepala Barongan (dadak merak) para penari Reog Ponorogo asal Jawa Timur.

Menoreh Art Festival 2018, Ketika Reog Ponorogo Jadi Bintang
Kompas.com/Dani J
BUPATI Kulon Progo Hasto Wardoyo dan sejumlah pejabat memukul kentongan raksasa sebagai tanda berlangsungnya Menoreh Art Festival 2018, Minggu (7/10/2018). 

BUPATI Kulon Progo Hasto Wardoyo menaiki kepala Barongan (dadak merak) para penari Reog Ponorogo asal Jawa Timur.

Bupati Hasto sempat menari sesaat dan melambai tangan di atas barong itu. Barongan dadak merak ini memiliki bobot sekitar 50 kilogram.

"Ditambah berat bawa Bupati jadi sekitar 100 kilogram lebih," kata Rizal seusai mempertontonkan keahliannya memainkan barongan di Menoreh Art Festival (MAF) 2018, Sabtu (13/10/2018).

Reog Ponorogo adalah satu dari 23 seni budaya daerah di Pulau Jawa dan Madura yang terjun ke Menoreh Carnival dalam MAF 2018. MAF yang berlangsung dari 7 hingga 27 Oktoer 2018 ini digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-67 Kulon Progo.

Baca: Festival Seribu Utara, Promosikan Wisata Pulau Terjauh di Kepulauan Seribu

Paling Menarik

Reog adalah salah satu penampilan yang paling menarik perhatian ribuan pasang mata warga yang menonton pertunjukan itu. Kemarin, Reog benar-benar jadi bintang.

Bukan hanya karena kehadiran barongan. Kelompok reog ini tampil tidak tanggung-tanggung, mulai dari jathil atau prajurit berkuda, para "Warok" yang mempersonifikasi orang dengan tekad suci dan tanpa pamrih, juga bujang ganong yang energik dan kocak juga ahli seni bela diri.

Salah satu peserta dari Ponorogo, Novi Sandra merasa persiapan dua pekan tidak sia-sia. Warga Kulon Progo menyambut pertunjukan mereka secara meriah.

Baca: Air Mancur Menari Diiringi Shalawat Tandai Pembukaan Tasikmalaya Oktober Festival 2018

Baca: Tasikmalaya Oktober Festival 2018, Mulai Pameran Produk Kreatif, Karnaval, hingga Delegasi Jepang

"Senang sekali, apalagi tadi melihat penonton antusias, excited gitu. Semoga ke depan reog bisa mendapat hati di semua orang," kata Sandra.

Seorang warga Kulonprogo, Yadi, merasa reog merupakan salah satu penampilan paling atraktif dan lebih menarik dari puluhan peserta karnival hari ini.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved