Warga Mulai Resah Lantaran Kali Irigasi Sipon Penuh Sampah

ALIRAN kali Irigasi Sipon merupakan anak dari kali Cisadane di Kota Tangerang berwarna hitam pekat serta bau yang tidak sedap.

Warga Mulai Resah Lantaran Kali Irigasi Sipon Penuh Sampah
Brenda Eka Kristiana
Kondisi Kali Irigasi Sipon yang tidak terawat sehingga membuat bau tidak sedap 

ALIRAN kali Irigasi Sipon merupakan anak dari kali Cisadane di Kota Tangerang berwarna hitam pekat serta bau yang tidak sedap. 

Ruas kali irigasi sipon yang berbau tak sedap dan banyak sampai itu berada di perumahan Taman Royal 1 dan 3.

“Baunya ini loh yang gaenak banget sampai pengen munta rasanya terus sampahnya juga gaenak banget diliatnya bikin kotor aja deh” ujar Iis (27) saat jajan di sekitar kali, Sabtu (13/10/2018).

Sampah – sampah plastik mendominasi dibandingkan sampah rumah tangga, yang menepi di sekitar bantaran kali. Hal ini kemungkinan disebabkan karena disekitaran kali banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman, sehingga setelah selesai makan dan minum langsung dibuang ke dalam kali.

Kali ini juga berwarna hitam pekat disertai dengan lumpur serta sampah – sampah yang menumpuk. Bau yang sangat menyengat juga dapat dirasakan oleh warga sekitar serta masyarakat yang melewati jalan sekitar kali.

Pemerintah Kota Tangerang seharusnya cepat tanggap untuk urusan kebersihan seperti ini dengan dibantu dengan kegiatan gotong warga sekitar. Karena ada pepatah mengatakan kebersihan sebagian dari iman.

Karena dapat memberi dampak juga kepada kesehatan warga yang tinggal disekitar kali. Seperti nyamuk – nyamuk yang menyebabkan DBD, Asma, dan penyakit disebabkan oleh kuman. (Brenda Eka Kristiana)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help