Bus Tanah Abang Explorer Kemungkinan Tak Dipakai Lagi Setelah Ada Jembatan Penyeberangan Multifungsi

Dengan demikian, Jalan Jatibaru Raya hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang melakukan aktivitas lalu lintas.

Bus Tanah Abang Explorer Kemungkinan Tak Dipakai Lagi Setelah Ada Jembatan Penyeberangan Multifungsi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer. 

PEMERINTAH Kota Jakarta Pusat bersama PD Sarana Jaya terus menyiapkan fasilitas beserta infrastuktur Jembatan Penyeberangan Multifungsi (JPM), yang sedianya bisa digunakan pada 15 Oktober 2018.

JPM dibangun dengan maksud agar pedagang tak lagi berdagang di sepanjang ruas Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, yang selama ini tumpah ruah dan mengganggu lalu lintas. Nantinya, penumpang dari dan menuju Stasiun Tanah Abang juga diwajibkan melewati JPM.

"Enggak ada orang yang jalan di bawah lagi, nanti kami tutup pakai pagar agar naik ke atas JPM kalau mau ke Stasiun Tanah Abang. Kami harap nanti enggak ada lagi pedagang yang jualan di bawah," tutur Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat dikonfirmasi, Sabtu (13/10/2018).

Baca: Setia Temani Jenazah Istrinya, Pagi Ini Tak Ada Tangis dari Mata Indro Warkop

Dengan demikian, Jalan Jatibaru Raya hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang melakukan aktivitas lalu lintas. Lalu, bagaimana dengan nasib Tanah Abang Explorer?

Bus yang sedianya digunakan untuk memfasilitasi masyarakat berkeliling area Pasar Tanah Abang itu diperkirakan tidak akan digunakan lagi. Irwandi mengatakan, Tanah Abang Explorer kala itu operasionalnya diajukan hanya saat Jalan Jatibaru Raya diberlakukan satu arah.

"Itu kan dibuat waktu jalan ditutup, tapi kalau sudah dibuka kembali jalannya akan kami evaluasi lagi. Secara teknis, kemarin kan hanya untuk mengangkut penumpang saja di bawah. Nanti kan penumpang keluar dari stasiun, langsung ke atas JPM. Tapi akan kami kaji dulu," paparnya.

JPM dinilai Irwandi cukup memfasilitasi masyarakat, apabila datang berkunjung mengelilingi Pasar Tanah Abang. Nantinya, JPM terkoneksi bangunan Blok F dan G. Selain itu, penumpang juga bisa keluar JPM di titik Jalan Jatibaru Bengkel beserta Hotel Parmin. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help