Ingin Seperti di Luar Negeri, Pasar Cisalak Depok Bebenah

Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, meningkatkan fasilitasnya agar pasar tersebut serupa dengan pasar yang ada di luar negeri.

Ingin Seperti di Luar Negeri, Pasar Cisalak Depok Bebenah
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mendatangi kios pakaian di Pasar Cisalak. 

PASAR Cisalak, Cimanggis, Depok, meningkatkan fasilitasnya. Hal itu ditujukan agar pasar tersebut serupa dengan pasar yang ada di luar negeri.

Peningkatan fasilitas pasar yang berada di Jalan Raya Bogor tersebut di antaranya adalah pemasangan lift, klinik kesehatan, tempat olahraga (futsal, voli, dan bulutangkis), tempat bermain anak, masjid, dan ruang kontrol. Kemudian juga tempat parkir yang luas.

"Berbagai fasilitas ini membuat Pasar Cisalak menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja, nyaman bagi pedagang dan pembeli. Mari kita berbelanja di Pasar Cisalak. Ini pasar kita bersama sebagai salah satu urat nadi perekonomian Kota Depok," kata Wali Kota, Mohammad Idris, saa mengunjungi Pasar Cisalak, Jumat (12/08/2018).

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Kota Depok, Kania Parwati. Dia menambahkan bahwa yang fasilitas Pasar Cisalak tidak kalah dengan pasar modern atau tidak kalah dengan pasar di luar negeri.

"Pasar Cisalak ini dilengkapi dengan tempat bermain anak, ini untuk mendukung Depok sebagai kota layak anak. Pasar Cisalak juga merupakan pasar yang bersih, nyaman dan sehat," ujar Kania.

Kenyamanan Pasar Cisalak dirasakan oleh pengunjung. Salah satunya adalah Sunarti, warga Kampung Tipar, Cisalak Pasar. Dia menyebutkan bahwa pasar tersebut ramah untuk anak. Sebab, pasarnya bersih, tidak mau dan sumpek, serta ada tempat bermain untuk anak.

Hal senada disampaikan Masril, salah satu pedagang yang sudah sejak tahun 1995 berdagang perlengkapan bayi di Pasar Cisalak.

"Alhamdulillah setelah menempati kios baru ini lebih nyaman, pembeli tambah ramai,omset juga bertanmbah meski belum besar," tutur Masril.

Gedung baru Pasar Cisalak terdiri dari empat lantai yang dilengkapi dengan lift. Di dalamnya terdapat sekitar 1.300 los dan kios.

Di lantai satu gedung dikhususkan untuk para pedagang sembako dan kebutuhan sehari-hari.

Sementara di lantai dua dan tiga diperuntukan untuk pedagang pakaian, fesyen, tas, sepatu, aksesoris dan kebutuhan sandang lainnya.

Sedangkan lantai empat diperuntukkan bagi pedagang makanan dan minuman dengan konsep foodcourt.

Kelebihan lain yang disediakan di Pasar Cisalak adalah adanya fasilitas Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

IPAL tersebut difungsikan untuk pengolahan air limbah bekas pencucian kegiatan perdagangan yang disimpan ke dalam tangki agar bisa diolah kembali menjadi air bersih. (DOD)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help