VIDEO: Mantan Ketua DPD Irman Gusman Ajukan Peninjauan Kembali

Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman menjalani sidang perdana Peninjauan Kembali (PK)

Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman menjalani sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (10/10/2018).

Upaya hukum ini diambil karena menurut penilaian Irman dan kuasa hukumnya, ada tiga alasan yang perlu dikemukakan terhadap putusan pengadilan Tipikor Jakarta tertanggal 20 Februari 2017.

Tiga alasan itu yakni adanya tiga bukti batu (novum) yang telah ditemukan, adanya pertentangan dalam putusan majelis hakim dan adanya kekeliruan yang nyata dari hakim dalam menjatuhkan putusan.

Berdasarkan alasan-alasan itu, penasihan hukum Irman, Lilik Setyadjid meminta pengadilan untuk membebaskan kliennya dari segala tuntutan dan melepaskannya dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Ditemui usai sidang perdana PK dirinya, Irman berharap PK nya bisa diterima sehingga dia tidak perlu berlama-lama menghuni Lapas Sukamiskin.

Diketahui dalam putusan Pengadilan Tipikor Jakarta, Irman dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dan pidana RP 200 juta dengan ketentuan apabila terdakwa tidak membayar denda tersebut diganti dengan kurungan selama 3 bulan.

Tidak hanya itu, Pengadilan juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama 3 tahun setelah Irman selesau menjalani pidana pokok.(*)

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help