Banyak Kabel dan Pipa Utilitas di Bawah Tanah, Pembangunan Tol Becakayu Sesi II A Dipastikan Molor

Perencanaan awal, pembangungan selesai pada April 2019, namun kini diundur menjadi Juni 2019.

Banyak Kabel dan Pipa Utilitas di Bawah Tanah, Pembangunan Tol Becakayu Sesi II A Dipastikan Molor
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Pembangunan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) sesi II A. 

JARWO, Kepala Lapangan Seksi II Tol Becakayu, memastikan pembangunan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) sesi II A molor tiga bulan.

Perencanaan awal, pembangungan selesai pada April 2019, namun kini diundur menjadi Juni 2019. Sebab, pihak konstruksi kewalahan membersihkan utilitas di sekitar pembangunan.

"Selesainya pembangunan tol akan mundur tiga bulan, banyak utilitas di sekitar proyek, baik itu dari PLN, PDAM Bekasi. Semua utilitas ini harus dipindahkan dari lokasi pembangunan terlebih dahulu," ujar Jarwo, Kamis (11/10/2018).

Baca: Sutopo Purwo Nugroho: Relawan dan Bantuan Asing Tak Bisa Asal Nyelonong Masuk Sulawesi Tengah

Menurut Jarwo, keberadaan utilitas seharusnya sudah tidak ada atau dipindahkan oleh pemilik jaringan utilitas. Ia juga kesulitan medeteksi keberadaan utilitas, karena minim informasi soal titik lokasinya.

"Sesuai kesepakatan di lokasi tidak ada utilitas, namun saat dikerjakan tahu-tahu ada jaringan utilitas. Minimnya informasi dari pemilik karena sistem pemasangan utilitas dulu tidak menggunakan titik koordinat," paparnya.

Meski demikian, kata dia, pihaknya bertanggung jawab terhadap kerusakan utilitas yang terjadi saat pengerjaan dilakukan.

Baca: PAN: Polisi akan Menyesal Panggil Amien Rais

"Ada pipa PDAM milik Kota Bekasi yang tidak sengaja terkena alat berat kami, namun saat itu juga perbaikan langsung kita lakukan dengan menyambung pipanya," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan tol Becakayu Seksi II-A ruas Jakasampurna-Ahmad Yani itu memiliki panjang 4,1 kilometer.

Progress-nya sampai sekarang telah mencapai 15 persen. Pembangunan tol Becakayu akan sampai Tambun, Kabupaten Bekasi. Nantinya, di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi akan diberikan pintu keluar masuk kendaraan.

"Akan ada ramp tol di seberang Ahmad Yani," jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help