Buaya di Kali Anak Ciliwung Diduga Sengaja Dilepas Warga

Warga diduga sengaja melepas buaya di Kali Anak Ciliwung di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utart.

Buaya di Kali Anak Ciliwung Diduga Sengaja Dilepas Warga
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Upaya menangkap buaya di anak Kali Ciliwung. 

BUAYA yang muncul di Kali Anak Ciliwung, di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara diduga merupakan buaya peliharaan yang sengaja dilepas warga.

Pasalnya, seekor buaya diantaranya berjenis buaya senyulong.

Seorang petugas Polisi Hutan (Polhut), Slamet menduga buaya yang berkeliaran di kali di dekat Mangga Dua Square sengaja dilepas pemiliknya.

Dugaan itu muncul setelah salah satunya diketahui berjenis buaya senyulong

“Jadi dugaan kami kalau dari habitatnya (buaya senyulong) memang tidak mungkin (di sini), karena endemik Kalimantan,” kata Slamet, Rabu (10/10).

Hal itu berdasarkan gambar yang sempat diambil awak media dan seorang petugas UPK Badan Air. Selain buaya Senyulong, ada pula dua ekor buaya porosus atau lebih dikenal dengan buaya muara.

“Adanya jenis buaya senyulong asumsi kita mereka mungkin dengan sengaja dilepas oleh masyarakat. Ya mungkin takut dipelihara di rumah, terus tidak diberitakan ke BKSDA atau tidak diserahkan. Mungkin warga yang merasa bosan atau ketakutan, melepaskannya di kali ini,” katanya.

Seorang petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, Nasum menceritakan petugas masih melakukan pemantauan dengan memasang jaring berukuran 100 meter untuk memudahkan penangkapan buaya.

“Upaya untuk hari ini, jadi memang dari kemarin kita pasang perangkap jaring dari sisi kanan sampai kiri. Mudah-mudahan (buaya) bisa kita evakuasi,” kata Nasum.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help