Warga Kota Tangerang Bisa Cetak e-KTP di Kecamatan

Percepatan pencetakan dilakukan di 13 kecamatan se-Kota Tangerang, dan sampai Agustus 2018 masih ada 6.040 e-KTP yang belum dicetak.

Warga Kota Tangerang Bisa Cetak e-KTP di Kecamatan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, pada acara pembinaan administrasi bagi pegawai di wilayah Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Selasa (9/10/2018). 

Untuk mempercepat pelayanan Administrasi Kependudukan khususnya terkait pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) mulai 01 Oktober 2018 pencetakan e-KTP di Kota Tangerang bisa dilaksanakan di Kantor Kecamatan.

"Mulai tanggal 1 Oktober 2018 pencetakan sudah bisa dilakukan di kecamatan-kecamatan. Ada pegawai yang diperbantukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di tiap kecamatan di Kota Tangerang," ujar Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin pada acara pembinaan administrasi bagi pegawai di wilayah Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Selasa (9/10/2018).

Percepatan pencetakan dilakukan di 13 kecamatan se-Kota Tangerang, dan sampai Agustus 2018 masih ada 6.040 e-KTP yang belum dicetak.

Dengan diberlakukannya pencetakan e-KTP di kecamatan ini juga akan mempersingkat jarak masyarakat untuk datang mencetak kartu identitas kependudukan.

"Kalau di kantor Disdukcapil kami hanya bisa melayani maksimal sampai 200-300 warga per hari. Sementara kalau dipecah di masing-masing kecamatan pelayanan akan jauh lebih optimal," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Sri Warsini.

Kata Sri pihaknya telah menempatkan petugas Disdukcapil setiap hari kerja di masing-masing kecamatan. Yakni dari hari Senin-Jum'at, ditambah dengan hari Sabtu.

Petugas selain mencetak e-KTP juga membantu proses perekaman data ganda (duplicate record) warga Kota Tangerang.

"Bagi warga yang baru merekam, untuk sementara akan diberikan suket sedangkan bagi yang memproses dikarenakan ada perubahan biodata, e-KTP hilang maupun rusak fisiknya dapat dilaksanakan pencetakannya di kecamatan. Sedangkan bagi warga masih memiliki suket dan belum menerima fisiknya, akan dibantu pengecekan permasalahannya oleh petugas dmDukcapil di kecamatan," kata Sri.

Dia menambahkan, sampai saat ini blanko e-KTP di Kota Tangerang masih mencukupi. Begitu juga dengan ribbon dan film untuk pencetakan.

"Mudah-mudahan tidak ada permasalahan dengan stock blangko di pusat," ungkapnya.

Seperti diketahui untuk penduduk Kota Tangerang yang belum melakukan perekaman data e-KTP sampai saat ini masih ada sekitar 7.887 warga atau kurang lebih 1% dari jumlah wajib e-KTP.

Jumlah tersebut didominasi oleh usia wajib e-KTP baru, yang baru mencapai umur 17 tahun.

"Jumlah tersebut akan terus bergerak. Karena data penduduk selalu mengalami pergerakan," papar Sri. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved