Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Takkan Pinjam Dana ke IMF

"Dan dalam hal ini Indonesia sebagaimana yang disampaikan Ibu Lagard bahwa ekonomi kita dalam kondisi yang baik," ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Takkan Pinjam Dana ke IMF
www.am2018bali.go.id
Logo Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 

HINGGA 14 Oktober 2018, berlangsung pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, yang tidak hanya didatangi para gubernur bank sentral, tapi juga para menteri keuangan, hingga para pelaku ekonomi dari 189 negara.

Lantas, apakah momentum ini akan dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan pinjaman?
Dengan tegas, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah tidak akan melakukan pinjaman kepada IMF, meskipun saat ini tengah berlangsung pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali.

Dibalut batik lurik berwarna hitam, Sri Mulyani menjelaskan IMF memberikan pinjaman hanya kepada negara yang sedang mengalami krisis neraca perdagangan, sedangkan Indonesia diyakini masih memiliki ekonomi yang kuat.

Baca: Jokowi Cuma Kampanye di Hari Sabtu dan Minggu

"Tidak (meminjam), karena IMF itu adalah institusi yang hanya melakukan pinjaman bagi negara yang mengalami krisis neraca pembayaran," tegas Sri Mulyani saat ditemui di tengah acara IMF-WB 2018 di Bali, Senin (8/10/2018).

Sri Mulyani memperkuat pernyataannya itu dengan penilaian Direktur Pelaksana Bank Dunia Christine Lagarde kepada perekonomian Indonesia, yang dianggap dalam kondisi yang baik.

"Dan dalam hal ini Indonesia sebagaimana yang disampaikan Ibu Lagard bahwa ekonomi kita dalam kondisi yang baik," ungkap Sri Mulyani.

Baca: Rizieq Shihab Dikabarkan Tidak Boleh Keluar dari Arab Saudi, GNPF Ulama Mengadu ke Fadli Zon

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan, memang saat ini pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian untuk mengantisipasi gejolak ekonomi seperti pelemahan rupiah terhadap dolar AS, namun hal tersebut tidak membuat perekonomian Indonesia krisis.

"Dan kita tahu bahwa terjadi penyesuaian, tapi tidak berarti bahwa kita mengalami kondisi krisis. Sehingga kita tegaskan bahwa kita tidak meminjam IMF," papar Sri Mulyani. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help