Pilpres 2019

Bantah Ada OK OCE Mart yang Tutup, Sandiaga Uno: Cuma Pindah Tempat

"OK OCE itu bukan toko, OK OCE itu mereka (orang), kalau OK OCE mart itu varian, dan digerakkan oleh beberapa relawan," terangnya.

Bantah Ada OK OCE Mart yang Tutup, Sandiaga Uno: Cuma Pindah Tempat
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suasana kios OK Oce Mart Kalibata yang rencananya akan pindah tempat karena sewa tempat mahal. 

CALON wakil presiden Sandiaga Uno mengklarifikasi kabar maraknya toko OK OCE di Jakarta yang disebut telah tutup maupun bangkrut.

Dia menyebut hanya ada satu toko yang berpindah tempat, yakni gerai OK OCE Mart Kalibata di Jalan Warung Jati Barat Raya Nomor 8, Jakarta Selatan, demi menyesuaikan biaya operasionalnya.

Sandiaga Uno menuturkan, toko itu pindah karena saat merintis dahulu, pihak pendiri, yakni para relawan, tak dipungut biaya sepeser pun.

Baca: Bobotoh Ini Coba Setop Pengeroyokan Haringga Sirla, Namun Akhirnya Mundur karena Takut Jadi Sasaran

Namun seiring berjalannya waktu, katanya, selama lebih dari setahun alami perkembangan, maka kemudian pihak pengelola gedung meminta tagihan sewa yang cukup tinggi terhadap toko OK OCE di sana. Alasan tersebut yang menjadi dasar mengapa toko itu berpindah tempat.

"Cuma satu yang pindah, bukan tutup. Datanya cuma katanya-katanya, padahal cuma satu yang pindah lokasi karena sebelumnya tidak bayar, di Kalibata," ungkap Sandiaga Uno di Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/10/2018).

"Setelah eksis satu tahun, mereka diminta bayar. Akhirnya mereka mencari tempat yang lebih tidak membebani biaya produksi mereka," sambungnya.

Baca: Semua Tersangka Pengeroyok Haringga Sirla Tak Punya Tiket

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, program OK ICE sejatinya bukan sebuah produk, melainkan sosok-sosok penggerak dari produk itu sendiri. Sedangkan toko maupun gerai, jelas Sandiaga Uno, merupakan varian bisnis dari program OK OCE itu sendiri.

"OK OCE itu bukan toko, OK OCE itu mereka (orang), kalau OK OCE mart itu varian, dan digerakkan oleh beberapa relawan. Kalau yang digerakkan oleh Pemprov itu gerai OK OCE, itu yang digerakan oleh PD Pasar Jaya," terangnya.

Sandiaga Uno pun menganggap wajar bila dalam dunia usaha seperti toko OK OCE mengalami fluktuasi. Hal itu dianggapnya merupakan sesuatu yang biasa dalam sebuah bisnis.

Baca: Kali Bekasi Tercemar Parah, 51 Ribu Rumah Tak Teraliri Air Bersih

"Nah, ini bentuk dari varian OK OCE, bisnis naik turun, ada yang kurang stabil, ada yang melakukan adaptasi," tuturnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengaku sedang menggodok OK OCE menjadi program berskala nasional.

Untuk mewujudkan itu, dirinya bersama Ketua PGO OK OCE Faransyah Jaya sedang melakukan adaptasi dan uji efektivitas dari program tersebut pada beberapa titik di kota-kota besar Indonesia.

Baca: Ditanya Hubungannya dengan Kevin Sanjaya, Wajah Denira Wiraguna Memerah

Sandiaga Uno pun mengungkap akan memasukkan program OK OCE sebagai tawaran dari gerakan Prabowo-Sandi.

"Ini sangat cocok di DKI dan kota besar di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Kita lagi uji efektivitas program dari gerakan OK OCE ini," paparnya. (Danang Triatmojo)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved