Kondisi Padang Lamun di Kepulauan Seribu Makin Buruk

KONDISI Padang lamun di perairan Kepulauan Seribu dinilai memprihatinkan. Jumlah luasan padang lamun belakangan ini terus terkikis.

Kondisi Padang Lamun di Kepulauan Seribu Makin Buruk
Istimewa
ILUSTRASI Padang lamun 

KONDISI Padang lamun di perairan Kepulauan Seribu dinilai memprihatinkan. Jumlah luasan padang lamun belakangan ini terus mengalami penurunan seiring terjadinya pencemaran lingkungan.

Peneliti padang lamun LIPI Udhi Eko Hernawan mengatakan berdasarkan hasil perhitungan Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) luasan padang lamun di Kepulauan Seribu diestimasi sebesar 2.100 hektar.

“Untuk 2.100 hektar itu hasil perhitungan tahun ini. Kondisi tutupannya tergolong dalam kategori buruk atau tidak sehat,” ungkap Udhi, Selasa (2/10/2018).

Mengutip Wikipedia, padang lamun adalah ekosistem khas laut dangkal di perairan hangat dengan dasar pasir dan didominasi tumbuhan lamun, sekelompok tumbuhan anggota bangsa Alismatales yang beradaptasi di air asin.

Biasanya, padang lamun berada di antara pohon mangrove dan terumbu karang. Padang lamun menciptakan ruang bagi banyak organisme untuk berkembang dan membentuk kesatuan ekosistem di laut dangkal. 

Udhi menambahkan, saat ini padang lamun di Kepulauan Seribu hanya berada di sekitar Pulau Pari. Sementara rata-rata area yang dtumbuhi padang lamun pada habitatnya di laut hanya berada pada kisaran 22 persen.

Sayangnya Udhi mengaku tidak memiliki data tahun sebelumnya mengenai kondisi padang lamun di pesisir Jakarta. Namun demikian jumlahnya sekarang ini tidak lagi sama seperti puluhan tahun yang lalu.

Semakin Terkikis

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Zainal Arifin mengatakan saat ini padang lamun di pesisir Jakarta hanya berada di Kepulauan Seribu. Seiring berjalannya waktu, luasan padang lamun di pesisir Jakarta semakin terkikis.

“Teluk Jakarta sudah ngga ada padang lamun, adanya tahun 1900an awal. Sekarang hanya di Kepulauan Seribu,” kata Zainal.

Sementara padang lamun yang berada di Pulau Pari, kondisinya pun sudah tidak terlalu bagus. Sehingga perlu dilakukan pembenahan secara menyeluruh oleh seluruh pihak terkait.

“Padang lamun di Jakarta ada di Kepulauan Seribu. Misalnya yang sederhana, meski nggak bagus seperti tahun 80an, kalau kita ke Pulau Pari bagus padang lamunnya tapi sekarang berkurang karena pencemaran di Indonesia,” katanya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved