Kemeriahan Yamaha Endurance Festival di Sirkuit Sentul, Ini 3 Besar Juaranya

Ketika start dimulai, para pebalap berlari ke arah motor masing-masing yang mesinnya tidak menyala. Begitu mesin menyala, barulah mereka berlomba.

Kemeriahan Yamaha Endurance Festival di Sirkuit Sentul, Ini 3 Besar Juaranya
Yamaha Indonesia
PARA pebalap berlari menuju motor tunggangannya begitu aba-aba start dimulai, dalam ajang Yamaha Festival Endurance di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (30/9/2018). 

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar event akbar lomba balap ketahanan motor di Sirkuit Sentul, Bogor, pada Minggu (30/9/2018).  Bertajuk 'Yamaha Endurance Festival', ajang ini diikuti oleh 52 tim atau 104 pebalap, baik profesional maupun komunitas.

M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, kompetisi itu merupakan balapan motor ketahanan yang perdana diadakan di Indonesia dan terinspirasi dari balapan motor ketahanan Suzuka.

“Kami membuka tiga kelas dalam ajang ini  yaitu Open Class 250cc (2 jam), Community 250cc (1 jam) dan Community 150cc (1 jam),” kata kepada para wartawan di Sirkuit Sentul, Minggu (30/9/2018).

PARA pebalap mempersiapkan diri di seberang dari lokai motor tunggangannya, sebelum balapan Yamaha Festival Endurance di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (30/9/2018).
PARA pebalap mempersiapkan diri di seberang dari lokai motor tunggangannya, sebelum balapan Yamaha Festival Endurance di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (30/9/2018). (Yamaha Indonesia)

Menurut Abaidin, kompetisi ini unik karena cara start Le-Mans yang dilakukan oleh para pebalap. Dalam start Le-Mans Style ini, posisi motor berurutan sesuai hasil kualifikasi, namun para pebalap berdiri di sisi seberang motor.

Saat bendera start dikibarkan, para pebalap berlari ke arah motor masing-masing yang mesinnya tidak menyala. Lalu mereka menghidupkan mesin dan balapan dimulai.

“Hajatan ini merupakan apresiasi pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) kepada rekan-rekan komunitas dan pebalap profesional. Mereka diajak untuk menikmati sensasi balap ketahanan yang selama ini belum pernah dirasakan,” papar Abidin.

MASYARAKAT antusias mengikuti berbagai acara di gelaran Yamaha Endurance Festival di Sirkuit Sentul,  Bogor, Minggu (30/9/2018).
MASYARAKAT antusias mengikuti berbagai acara di gelaran Yamaha Endurance Festival di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (30/9/2018). (Yamaha Indonesia)

Sebagai ajang yang baru pertama kali digelar di Indonesia, lanjut Abidin, para pebalap diberikan edukasi sebelum melakukan latihan bebas dan sesi kualifikasi pada Sabtu (29/9/2018). Edukasi diberikan pada Jumat (28/9) terkait informasi yang berhubungan dengan aturan balap endurance.

“Kami menyiapkan hadiah untuk semua juara mulai juara 1 sampai 10 sebagai apresiasi YIMM kepada peserta. Hadiahnya kami berikan hingga yang finish di urutan 10 supaya kalau motor rusak masih dapat diperbaiki," ujar Abidin.

MASYARAKAT antusias mengikuti berbagai acara di Yamaha Endurance Festival yang digelar di Sirkuit Sentul,  Bogor, Minggu (30/9/2018).
MASYARAKAT antusias mengikuti berbagai acara di Yamaha Endurance Festival yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (30/9/2018). (Yamaha Indonesia)

Fun Walk & Aerobic

Selain balapan yang diikuti oleh komunitas dan para pebalap profesional, Yamaha Endurance Festival juga disemarakkan oleh kehadiran masyarakat yang ingin menyaksikan serunya ajang balapan ini.

Halaman
123
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved