Hasil Survei Rizal Ramli, Melakukan Wawancara Langsung kepada Masyarakat

Ekonom Rizal Ramli memprediksi calon presiden Joko Widodo akan memenangi Pemilihan Presiden 2019.

Hasil Survei Rizal Ramli, Melakukan Wawancara Langsung kepada Masyarakat
Warta Kota
Rizal Ramli 

WARTA KOTA, PALMERAH----Ekonom Rizal Ramli memprediksi calon presiden Joko Widodo akan memenangi Pemilihan Presiden 2019 setelah melakukan wawancara langsung kepada masyarakat.

"Saya lakukan survei saat ke daerah-daerah dan bertanya siapa calon presiden yang dipilih," kata Rizal Ramli sepertu dilansir Antaranews.com, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Rizal Ramli, survei yang dilakukannya secara spontan di lapangan lebih akurat dibandingkan lembaga survei, terlebih jika sudah berpihak atau berdasarkan kepentingan politik tertentu.

"Saya survei langsung di lapangan, kebetulan saya sering keliling Indonesia. Hampir semua profesi sudah saya tanya, dari sopir taksi, pedagang, pelayan toko, satpam, buruh, ibu rumah tangga sampai wartawan," kata Rizal Ramli.

Berdasarkan survei yang dilakukannya sendiri itu, Jokowi yang pada pilpres mendatang berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin tersebut meraih 40 persen suara, kemudian Prabowo Subianto yang maju bersama Sandiaga Uno mendapat 30 persen suara.

Sedangkan 30 persen suara lainnya belum menentukan pilihan atau kerap disebut massa mengambang.

Karena itulah, kata Rizal Ramli, jika pasangan Prabowo-Sandiaga mampu merangkul atau menggandeng mereka yang belum menentukan pilihan maka diprediksinya bisa membalikkan hasil dan memenangkan pilpres tahun depan.

"Apalagi jika Jokowi tidak mengoreksi menteri-menteri di kabinet yang dianggap kerap melakukan blunder politik," kata mantan Menteri Koordinator Kemaritiman tersebut.

Pemilihan Presiden yang diselenggarakan pada 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma`ruf Amin di nomor urut 01, kemudian Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di nomor urut 02.

Baca: Minta Jokowi Ganti Enggartiasto Lukita, Rizal Ramli: Bahasa Inggrisnya Aja Norak, Kampungan

Baca: Pengacara Sebut Tidak Ada Urusan Pak Rizal Ramli dengan Partai Nasdem

Baca: Rizal Ramli Tuding Impor Berlebihan, Mendag: Mana Ada Impor yang Terlalu Besar

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help