Peningkatan Kompetensi Guru Merupakan Keharusan

Seorang guru harus punya semangat belajar terus menerus. Kalau guru berhenti belajar, ya berhenti jadi guru.

Peningkatan Kompetensi Guru Merupakan Keharusan
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Anies Baswedan dengan kalangan guru. 

Di era internet banyak profesi yang terancam punah, digantikan mesin.

Di antaranya tukang pos, agen perjalanan, operator telepon, bahkan reporter.

Apakah guru termasuk profesi yang juga akan digantikan mesin?

Gubernur DKI Anies Baswedan memertanyakan hal itu dihadapan para guru saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Jakarta Convention Center, kemaren.

"Seorang guru harus punya semangat belajar terus menerus. Kalau guru berhenti belajar ya berhenti jadi guru. Selama guru masih mau belajar, semua akan dapat manfaatnya," kata Anies.

Ia mengatakan, banyak guru yang merasa sudah pengalaman., tapi tetap harus belajar terus.

"Pengalaman tidak ditentukan dari lamanya mengajar saja. Guru pembelajar melampaui masa mengajarnya. Apalagi yang dihadapi para guru adalah murid hidup diabad 21, guru produk abad 20, sementara ruang belajar abad 19," kata Anies.

Ia menjelaskan lagi, di era teknologi, profesi guru bisa jadi akan tergusur oleh mesin. Bila cara mengajarnya hanya pengulangan saja (repetisi) tanpa inovatif dan itu-itu saja. Tapi guru yang tidak akan digantikan mesin bila bisa membawa nilai, serta inovatif.

" Peningkatan kompetensi guru jadi fokus dan semoga menjadi penanda bagi kita semua bahwa ikhtiar pengingkatan kompetensi guru adalah ikhtiar kolosal , ikhtiar kolektif dan saya jadi bagian dari itu," katanya.

Karena itu seorang guru haruslah memiliki karakter seorang pembelajar , guru yang terus menerus belajar, suasana pembelajaran akan terbentu, anak-anakpun akan belajar untuk bisa menjadi pembelajar.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved