Ikatan Pilot Indonesia Kampanyekan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan Lewat Olahraga

Ikatan Pilot Indonesia menggandeng para pemangku kepentingan dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional.

Ikatan Pilot Indonesia Kampanyekan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan Lewat Olahraga
istimewa
Meriahnya acara Ikatan Pilot Indonesia. 

IKATAN Pilot Indonesia (IPI) menggandeng para pemangku kepentingan dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional bagi masyarakat umum pengguna transportasi udara melalui semangat aktivitas berolahraga.

Cara yang dilakukan, dengan mengambil lokasi di kawasan Gelora Senayan, Jakarta, IPI menggelar Kegiatan bertajuk ‘Aviators Fun Walk and Run 5K 2018’ pada Minggu (23/9/2018) lalu.

Ketua Pelaksana 'Aviator Fun Walk and Run 5K 2018', Capt Koko Indra Perdana mengatakan,
kegiatan ini  diikuti sekitar 1.000 orang peserta.

"Kegiatan 'Aviator Fun Walk and Run 5K 2018' dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan insan penerbangan terhadap keselamatan penerbangan nasional, sekaligus mensosialisasikan peran dan tugas masing-masing pemangku kepentingan dunia penerbangan," kata Koko Indra.

Perlu adanya sosialisasi yang lebih luas soal keselamatan penerbangan, menurut Koko Indra karena masih banyak masyarakat yang masih awam dengan standar keselamatan penerbangan, terutama bagi pengguna baru pesawat terbang.

"Kenapa mesti masyarakat diedukasi? Saya sering lihat di airport, masyarakat yang belum mengerti safety penerbangan," katanya.

Di menjelaskan, masih ada kasus dijumpai penumpang yang tak mematuhi panduan keselamatan selama di pesawat.

"Belum lagi soal bomb jokes yang masih banyak dilakukan yang bisa membuat kepanikan penumpang lain. Padahal jelas-jelas ada hukum yang menjerat pelaku, meski hanya iseng," terangnya.

Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) dari lembaga/instansi yang turut memberikan dukungan dalam kegiatan itu, antara lain PT Angkasa Pura I dan II Persero, Badan Narkotika Nasional (BNN), Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), dan Otoritas Bandar Udara (Otban).

Koko Indra menambahkan, dalam kegiatan ini, para individu dari stakeholder dunia penerbangan bisa langsung bertemu masyarakat dan menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan tugas masing-masing.

"Sebagai contoh para pilot dapat membagikan profesi pilot dalam menjamin keselamatan dan keamanan operasional penerbangan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved