HUT Provinsi Banten ke-18, Momen Kebangkitan Kejayaan Banten Lama

"Nanti pas acara tanggal 4 Oktober kita akan mengenakan pakaian kesultanan Banten. Menandakan kejayaan Banten Lama harus kembali."

HUT Provinsi Banten ke-18, Momen Kebangkitan Kejayaan Banten Lama
Istimewa
GUBERNUR Banten Wahidin Halim di kawasan Banten Lama. 

PESTA rakyat Banten akan digelar berbarengan dengan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Banten ke- 18 di kawasan Banten Lama.

Penyelenggaraan HUT Banten di lokasi Banten Lama ini disebut sekaligus menjaga momen kejayaan sejarah Banten Lama terkini ketika sedang mengalami revitalisasi.

"Nanti pas acara tanggal 4 Oktober kita akan mengenakan pakaian kesultanan Banten. Ini memang untuk menandakan bahwa kejayaan Banten Lama harus kembali," ujar Gubernur Banten, Wahidin Halim, Kamis (27/9/2018).

Apalagi nantinya setelah anggaran 2018 revitalisasi kawasan Banten Lama rampung menurut mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI ini akan ada pembangunan pengayaan keidentikan sejarah yang pernah menjadi simbol kejayaan Islam di Banten.

GUBERNUR Banten Wahidin Halim di kawasan Banten Lama
GUBERNUR Banten Wahidin Halim di kawasan Banten Lama (Istimewa)

Kawasan Sejarah Banten Lama

Maka itu kata Gubernur, setelah menata pedagang lebih rapi dengan membuat atap, saat ini sudah terpasang 8 payung persis modelnya seperti yang berada di Masjid Nabawi dengan lantai marmer. Pemprov juga sudah membebaskan lahan di wilayah itu. Sebab nantinya akan dibangun perluasan kawasan sejarah Banten Lama.

"Kami sudah beli lahan di kawasan itu seluas 5 hektar. Karena nanti program selanjutnya selain membangun pondok pesantren, pusat oleh-oleh khas Banten dan akan dibuat perkampungan alami yang khusus menggunakan bahasa Arab. Tapi ada juga rencananya pembangunan berarsitektur keidentikan sejarah di Banten yang sudah hilang," ucapnya.

Menurut pria yang akrab disapa WH itu masyarakat sekitar akan diberdayakan. Pemprov Banten juga sudah mengantongi solusi kepada masyarakat yang sampai sekarang kerap dimintai uang dari orang yang berada di sekitar kawasan sejarah Banten Lama.

"Mereka nantinya akan dilebur ke dalam manajemen Banten Lama. Yang biasa memungut uang ke pengunjung akan diangkat menjadi petugas di bawah manajemen Banten Lama," kata Wahidin.

"Saya ingin kalau Banten Lama maju. Masyarakat Banten juga akan maju sesuai dengan semangat para Wali dan Kesultanan atau Raja di Banten terdahulu," sambungnya.

Ia menyebut masyarakat sekitar juga harus mengubah pola pikir untuk maju. Sehingga keberadaan yang dulu dan pasca-revitalisasi bisa mengangkat harkat rakyat Banten.

"Ayo datang pas acara HUT Banten, memang pada momen itu proses pembangunan belum semuanya selesai. Tapi di tahun ini akan rampung bisa dinikmati bersama," papar mantan Wali Kota Tangerang dua periode ini.

Seperti diketahui revitalisasi kawasan sejarah Banten Lama juga memprogramkan akses perbaikan jalan menuju tempat yang nantinya dijadikan wisata religi, dengan nilai anggaran total sekitar Rp. 200 miliar.

Pelaksanaan HUT Banten pada 4 Oktober 2018 akan diisi kunjungan ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin dan kerabat. Ada juga hiburan untuk mayarakat paramotor yang akan mengitari kawasan sejarah Banten Lama

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved