Xpander Goyang Avanza di Empat Wilayah Sumatera, tapi Belum Rebut Takhta

MITSUBISHI Xpander berhasil menggoyang Toyota Avanza di empat area Sumatera, wilayah operasional jaringan dealer Auto2000.

Xpander Goyang Avanza di Empat Wilayah Sumatera, tapi Belum Rebut Takhta
autos.id
ILUSTRASI Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander 

MITSUBISHI Xpander berhasil menggoyang Avanza di empat area Sumatera, wilayah operasional jaringan dealer Auto2000. Namun, mobil sejuta umat Mitsubishi itu, diklaim belum mampu melengserkan Avanza dari takhta di Sumatera.

Berdasarkan data yang diutarakan Judianto, Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, pangsa pasar Avanza daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung, hanya turun sekitar 11 persen, sejak kedatangan Xpander.

Baca: Bila Tak Mau Kena Pajak Progresif, Lakukan Ini Begitu Jual Mobil Atau Motor

Meski begitu, saat ini Avanza masih disebut bertahan di posisi teratas dengan pangsa pasar 42,8 persen, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, 54 persen.

Sementara Xpander dari sebelumnya (2017) hanya 2 persen, sekarang sudah di posisi 23,2 persen.

“Kita drop-nya tidak jauh (11 persen). Jadi yang dimakan adalah low MPV lainnya. Market share di Sumatera sempat mengalami penurunan waktu Xpander diperkenalkan, tapi bulan Juni-Juli mulai kembali membaik lagi,” ujar Judianto, Selasa (25/9/2018).

Sementara di beberapa daerah yang lebih spesifik lagi, Avanza disebut juga masih memimpin. Misalnya di Lampung, Avanza masih menguasai kue low MPV di angka 37 persen, dan 22 persen buat Xpander. Lalu di Medan 41 persen Avanza dan Xpander 31 persen.

Baca: Kereta Cepat Arab Saudi Senilai Rp 223,8 Miliar, Mekah-Madinah Cukup 2 Jam

“Menurut saya (soal Xpander), namanya produk baru di Indonesia ini agak sedikit berbeda lah, iya istilahnya euforia produk baru,” ujar Judianto.

Ia juga menyebut, Avanza di Sumatera masih ditopang oleh permintaan konsumen fleet, yang berkontribusi 10 persen sampai 15 persen.

"Jadi kami boleh dibilang terganggu market share-nya sedikit,” tutur Judianto. (Ghulam Muhammad Nayazri)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xpander Goyang Avanza di Empat Wilayah Sumatera"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help