Wali Kota Tangerang Ingin Pembangunan Ubah Gaya Hidup Masyarakat

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan para Ketua RW dan anggota PKK, termasuk camat serta lurah.

Wali Kota Tangerang Ingin Pembangunan Ubah Gaya Hidup Masyarakat
Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berkesempatan menjadi narasumber pada acara Focus Group Discussion dalam rangka penyusunan grand design pembangunan ASN (aparatur sipil negara) 2020 - 2024 

WALI Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap pembangunan bisa berimplikasi konkret terhadap perubahan gaya hidup masyarakat.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan para Ketua RW dan anggota PKK, termasuk camat serta lurah.

"Kampung kita benahi, rumah kita bedah, tapi kalau masyarakatnya tidak mengubah perilaku dan gaya hidupnya, itu semua percuma, bakalan kembali tidak terawat," ujar Arief R Wismansyah, Rabu (26/9/2018).

Baca: Tak Ikut Tanda Tangan, Partai Demokrat Bisa Dianggap Tidak Sepakati Deklarasi Kampanye Damai

"Seberapa pun anggaran yang kita keluarkan, kalau kita semua, mulai wali kota, para OPD, kecamatan, dan lurah termasuk RT dan RW tidak berbuat, akan percuma," sambungnya.

"Maka kita ingin, bagaimana pembangunan yang sudah dilaksanakan bisa mengubah gaya hidup masyarakat," tutur Arief R Wismansyah seraya menjelaskan beberapa program Pemkot Tangerang.

Arief R Wismansyah juga menambahkan bahwa program pembangunan Pemkot Tangerang saat ini tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik semata. Menurut Arief R Wismansyah, saat ini Pemkot juga tengah berusaha mewujudkan mental masyarakat yang berakhlakul karimah.

Baca: Vizza Dara Ingin Main Film, tapi Tak Mau Perankan Wanita Seksi

Terlebih, banyak persoalan sosial yang dihadapi kota ini. Mulai dari masalah narkoba, kenakalan remaja, hingga pengangguran.

 "Menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat. Tapi pembangunan bukan hanya infrastruktur semata, termasuk manusia dan yang ada di dalamnya juga menjadi tanggung jawab kita," paparnya.

Untuk itu, lanjut Arief R Wismansyah, melalui Program Kota Sehat, diharapkan masyarakat benar-benar bisa mengimplementasikan budaya hidup bersih dan sehat di kesehariannya.

Baca: Tips Berwirausaha dari Jokowi: Fokus dan Jangan Gonta-ganti Bisnis

"Jangan hanya pas ada penilaian lingkungannya jadi bersih. Jangan sampai masyarakat berubah karena ada penilaian. Kita ingin masyarakat yang berbudaya, berbudaya untuk hidup bersih, hidup sehat, dan hidup rapi," kata Arief R Wismansyah.

Terkait Verifikasi Kota Sehat yang diselenggarakan oleh Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) dan TP PKK, Arief R Wismansyah berharap momen tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk lebih membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat.

"Hal ini menjadi momentum evaluasi, jadi saya mengajak kepada bapak ibu sekalian, terutama teman - teman yang ada di wilayah camat dan lurah, harus mampu menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kualitasnya, yaitu perilaku sosial budaya dan gaya hidupnya," harap Arief R Wismansyah.

"Kita berharap program PHBS ini benar benar mengevaluasi diri, apa kekurangannya untuk diperbaiki, untuk dikembangkan, karena kita ingin kota kita mampu memberikan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat, dan itu hanya bisa dilakukan kalau program-program pemerintah bisa dijalankan dengan baik oleh seluruh masyarakatnya," papar Wali Kota. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved